Kontrak psikologis dalam meningkatkan Organizational Citizenship Behavior dengan Sikap Kerja sebagai Variabel Mediator pada BUMN di Provinsi Jambi

Rosita, Sry (2018) Kontrak psikologis dalam meningkatkan Organizational Citizenship Behavior dengan Sikap Kerja sebagai Variabel Mediator pada BUMN di Provinsi Jambi. S3 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
disertasi full.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan utama penelitian ini untuk menguji pengaruh kontrak psikologis terhadap prilaku warga organisasi (Organizational Citizenship Behavior) dengan sikap kerja sebagai variabel mediator. Penelitian menggunakan rancangan survey dengan jumlah ukuran sampel sebanyak 267 karyawan BUMN di Provinsi Jambi. Data dianalisis menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Bentuk bentuk kontrak psikologis pada BUMN di Provinsi Jambi terdiri atas; kontrak keseimbangan (balanced contract) dengan skor sebesar 80,09, kontrak relasional (relational contract) dengan skor sebesar 72,99 kontrak transaksional (transactional contract) dengan skor sebesar 67,04. 2) Kontrak psikologis memiliki pengaruh yang signifikan terhadap OCB-I dan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap OCB-O pada BUMN di Provinsi Jambi. 3) Kontrak psikologis memiliki pengaruh yang signifikan terhadap OCB-O melalui kepuasan kerja dan komitmen organisasi sebagai variabel mediator. 4) Kontrak psikologis memiliki pengaruh yang signifikan terhadap OCB-I melalui kepuasan kerja dan komitmen organisasi sebagai variabel mediator. Kontrak psikologis mampu meningkatkan prilaku karyawan BUMN di Provinsi Jambi untuk bekerja secara individual maupun organisasional dengan kecenderungan merespon sikap karyawan terhadap pekerjaan melalui kepuasan kerja dan komitmen organisasi sebagai variabel mediator. Kontrak psikologis terhadap OCB-I memiliki pengaruh yang lebih besar secara langsung dari pada di mediatori oleh kepuasan kerja maka untuk penelitian mendatang disarankan untuk dapat memusatkan perhatian pada kontrak psikologis didalam meningkatkan OCB dengan kepuasan kerja sebagai mediator.

Type: Thesis (S3)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: SRY ROSITA
Date Deposited: 10 Jul 2020 06:44
Last Modified: 10 Jul 2020 06:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12475

Actions (login required)

View Item View Item