Astuti, Cindi (2020) Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Karakter Bersahabat pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
cover repository.pdf Download (119kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (88kB) |
|
Text
DAFTAR ISI, gambar, tabel, lampiran.pdf Download (109kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (209kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (95kB) |
Abstract
Astuti, Cindi. 2020. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Karakter Bersahabat pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Dr. Yantoro, M.Pd, (2) Dra. Destrinelli, M.Pd. Kata Kunci :Model TGT (Teams Games Tournament), Karakter Bersahabat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap peningkatan karakter bersahabat pada peserta didik kelas IV SD Negeri No.28/I Malapari. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri No.28/I Malapari pada Februari-Maret 2020.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus tindakan, dimana setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi.Jumlah peserta didik pada kelas IV SD Negeri No.28/I Malapari yaitu 25 orang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Permasalahan yang terjadi di dalam kelas seperti peserta didik masih malu untuk berkomunikasi kepada guru, peserta didik cenderung memilih teman ketika di bentuk kelompok belajar dan kurangnya rasa menghargai apabila teman berbicara di depan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada kelas IV SD Negeri No.28/I Malapari dapat meningkatkan karakter bersahabat peserta didik. Peningkatan karakter bersahabat tersebut tampak pada indikator yang diteliti seperti berkomunikasi dengan baik dan santun dengan sesama teman, sebagai pendengar yang baik antar sesama teman, perhatian terhadap orang lain, dapat bekerja sama dengan baik dan menghormati orang lain. Siklus 1 memperoleh presentase 59% dan siklus 2 memperoleh presentase 78%. Sementara itu untuk penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terjadi peningkatan sintak pada setiap pertemuannya.Peningkatan model pembelajaran kooperatif tersebut tampak pada sintak seperti presentase guru, kelompok belajar, tournament dan reward. Siklus 1 memperoleh presentase 79% dan siklus 2 memperoleh presentase 87,5%. Diharapkan beberapa saran-saran bermanfaat dan dapat dijadikan rujukan untuk penelitian sejenis demi peningkatan kualitas pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | CINDI ASTUTI |
Date Deposited: | 08 Jul 2020 06:43 |
Last Modified: | 08 Jul 2020 06:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12476 |
Actions (login required)
View Item |