PENGEMBANGAN VIDEO MODEL PEMBELAJARAN SENTRA BERBASIS RAGAM BUDAYA LOKAL (MULTIKULTURAL) MENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE PREMIER DI TAMAN KANAK-KANAK KOTA JAMBI

WIBOWO, YOURMA OSNITHIA (2020) PENGEMBANGAN VIDEO MODEL PEMBELAJARAN SENTRA BERBASIS RAGAM BUDAYA LOKAL (MULTIKULTURAL) MENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE PREMIER DI TAMAN KANAK-KANAK KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (96kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (189kB)

Abstract

ABSTRAK Wibowo, Yourma. O, 2020 “Pengembangan Video Model Pembelajaran Sentra Berbasis Ragam Budaya Lokal (Multikultural) Menggunakan Aplikasi Adobe Premier Di Taman Kanak-Kanak Kota Jambi”. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si (2) Nyimas Muazzomi, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci : Video Pembelajaran, Ragam Budaya Lokal (Multikultural), Pembelajaran Sentra Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan video model pembelajaran sentra berbasis ragam budaya lokal di Taman Kanak-Kanak Kota Jambi yang dapat digunakan sebagai panduan pembelajaran sentra yang berbasis ragam budaya lokal (multikultural). Berdasarkan observasi yang dilakukan, masih sedikit TK yang menggunakan model pembelajaran sentra di Taman Kanak-Kanak Kota Jambi. Model pembelajaran Sentra adalah model pembelajaran yang dilakukan di dalam lingkaran, yang dilengkapi dengan seperangkat alat bermain, namun tetap memiliki keterkaitan dengan ruang aktivitas keseluruhan. Model pembelajaran Sentra yang berbasis ragam budaya lokal (multikultural) dirancang untuk mendukung perkembangan anak sesuai dengan minat dan karakteristik anak. Metode penelitian pengembangan ini menggunakan tahapan-tahapan Research and Development (R&D) yang mengadaptasi model ADDIE. Instrumrn yang digunakan berupa lembar penilaian atau angket penilaian video pembelajaran untuk ahli materi, ahli media, dosen, guru dan mahasiswa. Hasil penelitian ini menggunakan langkah-langkah ADDIE. Dalam penelitian pengembangan ini menghasilkan suatu produk berupa video sebagai bahan ajar atau panduan untuk merancang bahan ajar. Hasil penelitian yang dilakukan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, yang mendapatkan hasil dengan presntase 81% dan ahli media dengan presentase 91%. Mendapatkan kategori sangat baik dan layak untuk diujicobakan dengan revisi sesuai saran. Hasil penelitian yang dilakukan dari persepsi secara keselurahan, yang terdiri dari 19 Guru PAUD di Kota Jambi memperoleh hasil 79,12%, 49 Mahasiswa PG-PAUD Universitas Jambi 84,28%, dan 2 dosen yang memperoleh hasil 97%. Memperoleh rata-rata hasil 86.8% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan menghasilkan suatu produk berupa video sebagai bahan ajar guru maupun mahasiswa PAUD, agar kedepannya dapat membuat pembelajaran berbasis ragam budaya lokal (multikultural) lebih kreatif dan inovatif.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: YOURMA OSNITHIA WIBOWO
Date Deposited: 10 Jul 2020 01:43
Last Modified: 10 Jul 2020 01:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12539

Actions (login required)

View Item View Item