IMplementasi Model Snowball Throwing dalam Pembelajaran Menulis Cerita Fantasi pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 30 Muaro Jambi

Nofas, Titiana (2020) IMplementasi Model Snowball Throwing dalam Pembelajaran Menulis Cerita Fantasi pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 30 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover & sampul.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (139kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (373kB)

Abstract

ABSTRAK Nofas, Titiana. 2020. Implementasi Model Snowball Throwing Dalam Pembelajaran Menulis Cerita Fantasi Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs, Agus Setyonegoro, M.Pd., (II) Hilman Yusra, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Snowbal Throwing Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana implementasi model pembelajaran Snowball Throwing dalam pembelajaran menulis cerita fantasi di Kelas VII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi atau pengamatan secara langsung terhadap proses pembelajaran dan wawancara bersama guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif, yaitu data disajikan dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh langkah-langkah model pembelajaran Snowball Throwing dapat terlaksana dengan baik pada pembelajaran menulis cerita fantasi. Model pembelajaran Snowball Throwing dapat mempermudah siswa untuk menekplor diri di dalam kelas. Siswa terlihat lebih aktif berinteraksi dalam kelompok. Seluruh siswa lebih ikut berpartisipasi dalam pembelajaran. Pada implementasi model pembelajaran Snowball Throwing masih terdapat kendala dan kesulitan dalam pelaksanaan. Kendala berupa siswa yang pada awalnya tidak mau dikelompok secara heterogen. Kesulitan yang dialami peneliti berupa mengelompokan siswa secara heterogen. Model pembelajaran Snowball Throwing dapat diterapkan dan cocok pada materi pembelajaran menulis cerita fantasi dan lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran sebelumnya. Dari hasil penelitian disarankan agar guru seharusnya dapat memperbaiki kendala yang dialami seperti siswa yang sulit dikelompokan secara heterogen. Guru seharusnya bisa menggunkan model pembelajaran yang lebih bervariasi agar bisa meninggkatkan ketertarikan siswa terhadap pembelajaran yang sedang berlangsung.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: TITIANA NOFAS
Date Deposited: 10 Jul 2020 07:01
Last Modified: 10 Jul 2020 07:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12575

Actions (login required)

View Item View Item