NABILA, ALMIRA (2020) Problematik Siswa Dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas VII D SMPN 19 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (29kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (19kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (130kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (153kB) |
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan problematik siswa dalam pembelajaran menulis teks deskripsi dan faktor penyebab munculnya problematik. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian Fenomenologi. Penelitian ini mendeskripsikan penelitian problematik dalam menulis teks deskripsi siswa kelas VII D SMP Negeri 19 Kota Jambi dengan menggunakan jenis penelitian fenomenologi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti terhadap siswa kelas VII D SMP Negeri 19 Kota Jambi, terdapat beberapa masalah atau problematik yang ditemui. Permasalahan pada tahap pelaksanaan menulis teks deskripsi mulai timbul ketika siswa kesulitan memilih judul apa yang akan mereka ambil, dan beberapa siswa tidak memperhatikan sepenuhnya ketika guru sedang menjelaskan. Hal ini yang menghambat proses belajar mengajar siswa untuk tahap selanjutnya. Pada tahap pelaksanaan menulis teks deskripsi, siswa juga dihadapkan pada kendala-kendala internal siswa seperti malas untuk memulai. Jika dalam melaksanakan menulis teks deskripsi siswa mengalami hal tersebut, maka tidak akan dapat menyelesaikan tugas tersebut dengan baik. Oleh sebab itu, hendaknya siswa harus memahami terlebih dahulu materi mengenai terlebih dahulu materi tentang menulis teks deskripsi agar siswa tersebut bersungguh-sungguh dalam mengerjakan atau menjalani proses pelaksanaan menulis ini agar tidak menghambat proses belajar mengajar. Simpulan dari penelitian ini adalah siswa sebaiknya sebelum terjadi proses pembelajaran, pahami terlebih dahulu materi yang akan dipelajari yakni mengenai menulis teks deskripsi supaya proses belajar mengajar dalam terlaksana dengan aktif. kepada guru disarankan sebaiknya memberikan arahan lebih khusus lagi kepada siswa yang mengalami masalah mengenai menulis teks deskripsi, supaya tidak ada lagi siswa yang mengalami kendala dalam hal ini.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ALMIRA NABILA |
Date Deposited: | 10 Jul 2020 07:01 |
Last Modified: | 10 Jul 2020 07:01 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12576 |
Actions (login required)
View Item |