PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR INTRINSIK DRAMA MENGGUNAKAN METODE SQ3R SISWA KELAS VIII A SMP N 7 MUARO JAMBI

mulyadi, dwi (2020) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR INTRINSIK DRAMA MENGGUNAKAN METODE SQ3R SISWA KELAS VIII A SMP N 7 MUARO JAMBI. S1 thesis, universitas jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (28kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (25kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 7 Muaro Jambi pada bulan Februari 2020. Berdasarkan hasil observasi awal di SMP Negeri 7 Muaro Jambi tersebut peneliti menemukan bahwa ternyata keterampilan membaca peserta didik disana masih tergolong dalam kategori rendah. Hal ini diketahui juga dari rendahnya kualitas keterampilan peserta didik dalam mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik teks drama. Oleh karena itu dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa dengan Kompetensi Dasar (KD) 3.15 mengidentifikasi unsur-unsur drama yang disajikan dalam bentuk pentas atau naskah. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode pembelajaran SQ3R untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sementara metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap: perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan/observasi (observation) dan refleksi (reflection). Berdasarkan dari hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada nilai hasil belajar peserta didik dan antusias peserta didik selama mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pada tahap prasiklus yang hanya mencapai angka 63 meningkat menjadi 67,4 pada tahap siklus I. Selain itu peserta didik yang mampu mencapai batas nilai KKM yang berjumlah 8 orang peserta didik pun meningkat menjadi 10 orang. Setelah dilanjutkan pada tahap siklus II, nilai rata-rata peserta didik kembali mengalai peningkatan dari 67,4 menjadi 80,5. Selain itu seluruh peserta didik juga telah berhasil mencapai batas nilai KKM yang ditentukan. Berdasarkan hal ini peneliti menyimpulkan bahwa keterampilan membaca siswa mengalami peningkatan secara signifikan berkat penggunaan metode SQ3R.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DWI MULYADI
Date Deposited: 10 Jul 2020 06:53
Last Modified: 10 Jul 2020 06:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12577

Actions (login required)

View Item View Item