PENGARUH MODEL PEMBEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 18 KOTA JAMBI

Parinduri, Devita Rahmi PENGARUH MODEL PEMBEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 18 KOTA JAMBI. PENGARUH MODEL PEMBEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 18 KOTA JAMBI.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK-RRA1A111005.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rahmi Devita 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 18 Kota Jambi, Pembimbing Skripsi (I) Dr. Hj.Farida Kohar,MP Pembimbing Skripsi (II) Siti Syuhada,S.Pd,M.E Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe Make A Match , Hasil Belajar. Kondisi siswa dalam proses pembelajaran di kelas tersebut cenderung kurang memperhatikan pada penjelasan guru jika diberi kesempatan untuk bertanya tidak ada yang bertanya begitu pula sebaliknya. Rendahnya hasil belajar siswa tidak disebabkan oleh guru saja tetapi juga dari siswa itu sendiri. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri18 kota Jambi, atau secara operasional untuk mengetahi hasil belajar antara kelas yang dibelajarkan dengan menggunakan Model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan kelas yang dibelajarkan secara Konvesional. Jenis penelitian ini yang digunakan kuantitatif yaitu data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk angka-angka variabel bebas (indenpen variabel) yaitu model pembelajaran kooperatif tipe make a match (X).variabel terikat ( dependen variabel) Hasil belajar siswa (Y).Pelaksanaan penelitian dan pengambilan data dalam penelitian ini yaitu dilakukan pada siswa Kelas VII di SMP Negeri 18 kota jambi . Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi di bandingkan dengan hasil belajar kelas control dan diketahui bahwa t hitung> tabel yaitu 5,334 >1,671. sehingga H0 di tolak dan Ha di terima sehingga dapat disimpulkan terdapat Pengaruh Penggunaan Model Pembeljaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap hasil belajar siswa VII pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 18 Kota Jambi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 18 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DEVITA RAHMI P
Date Deposited: 13 Jul 2017 03:55
Last Modified: 13 Jul 2017 03:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1262

Actions (login required)

View Item View Item