PENGARUH SELF EFFICACY DAN POLA PIKIR SISWA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KEPERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII IPS SMA NEGRI 1 MUARO JAMBI

Purna Ningsih, Diana (2020) PENGARUH SELF EFFICACY DAN POLA PIKIR SISWA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KEPERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII IPS SMA NEGRI 1 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (105kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)

Abstract

ABSTRAK Ningsih, Diana Purna, 2019. Pengaruh self efficacy dan pola pikir terhadap minat melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi dan Ilmu pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Dra. Hj. Muazza., M.Si (II) Dra. Refnida., ME. Kata kunci : Self Efficacy, Pola Pikir, Minat Siwa Melanjutkan Pendidikan Minat siswa melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi pada siswa kelas XII IPS belum sesuai dengan yang diharapkan. Self efficacy dan pola pikir yang rendah menyebabkan minat siswa melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self efficacy dan pola pikir siswa terhadap minat siswa kelas XII IPS SMA N egeri 1 Muaro Jambi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 160 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian ini menggunakan analisis regresi koefisien determinasi terlihat bahwa nilai R square (R2) menjelaskan bahwa variable bebas memberikan sumbangan kepada variable terikat sebesar 0,082 memberi pengertian bahwa 0,82% dan sisanya sebesar 0,18% dipengaruhi oleh faktor lain. Selain itu, nilai signifikansinya 0,000<0,05. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa self efficacy (X_1) dan pola pikir (X_2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat siswa melanjutkan prndidikan keperguruan tinggi (Y). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan terbentuk 2 variabel yaitu terdapat pengaruh self efficacy dan pola pikir terhadap minat siswa melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Persamaan regresi diperoleh dengan perhitungan yaitu adalah Y = 32,407 + 0,206 X1 + 0,172 X2. Maknanya semakin tinggi self efficacy dan pola pikir berakibat semakin tinggi juga minat siswa melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi siswa kelas XII. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa self efficacy (X1) dan pola piker siswa (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat siswa melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi (Y).

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DIANA PURNA NINGSIH
Date Deposited: 14 Jul 2020 07:37
Last Modified: 14 Jul 2020 07:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12630

Actions (login required)

View Item View Item