Feronika, Icha and Syamsurizal, Syamsurizal and Syahri, Wilda (2020) ANALISIS KETERLAKSANAAN MODE¬L PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN TUTOR SEBAYA DAN KORELASINYA DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
1 Ic 8 Daftar Isi.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text
2 Ic 1 BAB I.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
2 Ic 1 BAB V.pdf Download (87kB) |
Abstract
Penelelitian ini dilatar belakangi adanya tuntutan kurikulum 2013 yaitu siswa diarahkan tidak semata-mata pada penguasaan dan pemahaman konsep-konsep ilmiah, tetapi juga pada peningkatan kemampuan dan keterampilan berpikir siswa, khususnya keterampilan berpikir tingkat tinggi yaitu keterampilan berpikir kritis. Salah satu model pembelajaran yang dapat melatih siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah model Problem Based Learning (PBL). Namun dalam penerapannya membutuhkan waktu yang lama sehingga digunakan bantuan tutor sebaya. Tutor sebaya (peer tutoring) merupakan metode belajar mengajar dengan bantuan seorang peserta didik yang kompeten untuk mengajar peserta didik lainnya. Jenis penelitian ini adalah mix method dengan mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif. Desain mix metthod yang digunakan adalah concurrent embedded. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan model dan post test (tes essay). Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Untuk melihat korelasi antara keterlaksanaan model dengan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan rumus korelasi produk moment.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ?? sch_edu ?? |
Depositing User: | Icha Feronika |
Date Deposited: | 14 Jul 2020 07:36 |
Last Modified: | 14 Jul 2020 07:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12636 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |