Wati, Delma (2020) Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
COVER REPOSITORY.pdf Download (114kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN (1).pdf Download (150kB) |
|
Text
DAFTAR ISI, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR TABEL, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (104kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (275kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (97kB) |
Abstract
Delmawati. 2020. Penggunaan Model Pembelajran Kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) untuk Meningkatkan rasa percaya diri pada peserta didik kelas IV SD Negeri No. 28/I Malapari. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Drs. Arsil, M.Pd, (2) Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag. Kata Kunci : Model TPS (Think Pair and Share), Rasa Percaya Diri Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model kooperatif tipe TPS (Think Pair and Share) terhadap peningkatan rasa percaya diri peserta didik kelas IV SD Negeri No. 28/I Malapari. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 28/I Malapari pada Februari-Maret 2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan, dimana setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penggunaan model kooperatif tipe TPS (Think Pair and Share) terhadap peningkatan rasa percaya diri peserta didik kelas IV SD Negeri No. 28/I Malapari. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model TPS (Think Pair and Share) di kelas IV SD Negeri No. 28/I Malapari dapat meningkatkan rasa percaya diri peserta didik di dalam proses pembelajaran. Peningkatan rasa percaya diri pada peserta didik dapat dilihat dari indikator yang diteliti yaitu berani bertanya, berani berpendapat, berani menjawab, berperan aktif, berani menyimpulkan, berani merespon, dan yakin atas jawaban yang persentasinya meningkat setiap siklus. Dimana siklus 1 memperoleh persentasi 57% dan siklus 2 meperoleh persentasi 75%. Sedangkan untuk penggunaan model kooperatif tipe TPS (Think Pair and Share) oleh guru yang dilihat dari observasi aktivitas guru terjadi peningkatan sintak pada setiap pertemuan dapat dilihat dari peningkatan persentasinya yaitu pada siklus 1 memperoleh persentasi 75% dan siklus 2 memperoleh persentasi 91,67%.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DELMAWATI |
Date Deposited: | 15 Jul 2020 01:51 |
Last Modified: | 15 Jul 2020 01:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12669 |
Actions (login required)
View Item |