Penerapan Metode Glenn Doman Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik pada Kelas IV Sekolah Dasar

Riani, Mesa (2020) Penerapan Metode Glenn Doman Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik pada Kelas IV Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER REPOSITORY (1).pdf

Download (111kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN (1).pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR TABEL, DAFTAR LAMPIRAN (1).pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (88kB)

Abstract

Riani, Mesa. 2020. Penerapan Metode Glenn Doman Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik pada Kelas IV SD Negeri No.28/I Malapari. Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Drs. Maryono, M.Pd, (2) Issaura Sherly Pamela, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Metode Glenn Doman Berbasis Multimedia, Minat Baca Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Glenn Doman berbasis Multimedia dalam meningkatkan minat baca peserta didik pada kelas IV SD Negeri No.28/I Malapari dan untuk mengetahui peningkatan minat baca peserta didik kelas IV SD Negeri No.28/I Malapari dengan menggunakan metode Glenn Doman berbasis Multimedia. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri No.28/I Malapari pada Februari-Maret 2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus tindakan, dimana setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Jumlah peserta didik pada kelas IV SD Negeri No.28/I Malapari yaitu 25 orang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Permasalahan yang terjadi di dalam kelas yaitu masih banyak peserta didik yang kurang melengkapi diri dalam pembelajaran dengan buku bacaan, kurang membaca berbagai jenis buku bacaan, kurang keinginan untuk membaca dan kurang menindaklanjuti dari apa yang dibaca, serta kurang bersemangat ketika disuruh untuk membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Glenn Doman berbasis Multimedia pada kelas IV SD Negeri No.28/I Malapari dapat Meningkatkan Minat Baca pada peserta didik. Peningkatan minat baca tersebut tampak pada indikator yang diteliti seperti kebutuhan terhadap bacaan, tindakan untuk mencari bacaan, rasa senang terhadap bacaan, ketertarikan terhadap bacaan, keinginan untuk membaca, dan tindak lanjut (menindaklanjuti dari apa yang dibaca). Siklus 1 memperoleh persentase 60% dan siklus 2 memperoleh 79%. Sementara itu untuk penerapan metode Glenn Doman berbasis Multimedia terjadi peningkatan pada tahap-tahap disetiap pertemuannya. Peningkatan metode Glenn Doman berbasis Multimedia tersebut tampak pada tahap 1 words (kata), tahap 2 couplets (untaian kata), tahap 3 Phrases (susunan kata), tahap 4 sentences (kalimat), tahap 5 book (buku). Siklus 1 memperoleh persentase 78% dan siklus 2 memperoleh persentase 85%. Diharapkan beberapa saran-saran bermanfaat dan dapat dijadikan rujukan untuk penelitian sejenis demi peningkatan kualitas pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MESARIANI
Date Deposited: 15 Jul 2020 01:51
Last Modified: 15 Jul 2020 01:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12670

Actions (login required)

View Item View Item