PRATAMA, AFREDO JETIAN (2020) METODE GURU DALAM MEMFASILITASI ANAK PADA KOMPETENSI MEMPERAGAKAN GERAK KESEHARIAN DAN ALAM DALAM SENI TARI DI KELAS II SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (100kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (154kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (567kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (297kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (186kB) |
Abstract
ABSTRAK Pratama. A. 2020. Metode Guru Dalam Memfasilitasi Anak Pada Kompetensi Memperagakan Gerak Keseharian Dan Alam Dalam Seni Tari Di Kelas II Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dr.Destrinelli, M.Pd, Pembimbing (2) Silvina Noviyanti, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Metode Guru, Gerak Keseharian Dan Alam Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode guru dalam memfasilitasi anak pada kompetensi memperagakan gerak keseharian dan alam dalam seni tari di kelas II Sekolah Dasar. Penelitian dilakukan pada kelas II A SD Negeri 112/I Perumnas pada tanggal 10 februari sampai dengan 31 maret 2020. Data penelitian ini diperoleh melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, data dianalisis secara kualitatif menggunakan teori teknik analisis model miles and huberman yang terdiri atas reduksi, penyajian, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: dalam memfasilitasi anak memperagakan gerak keseharian dan alam guru menggunakan berbagai metode. Metode yang di gunakan oleh guru yaitu metode bermain, metode demonstrasi, metode Tanya jawab, metode kelompok, metode eksploratif dan metode simulasi. Pada proses pembelajaran terdapat pembelajaran individu agar siswa dapat mengekspresikan dirinya, berkreasi dari gerakan yang ada dan menumbuhkan rasa apresitif terhadap gerak tari. Selain pembelajaran individu guru juga menggunakan pembelajaran dengan berkelompok beserta penerapan beberapa metode agar siswa dapat mengembangkan motif-motif gerakan tari sesuai dengan tema pada saat pembelajaran berlangsung, merangkai gerak dan memadukan kesatuan yang utuh dalam gerak tari berkelompok. kendala dalam proses belajar mengajar diantaranya yaitu kurang mendukungnya tempat untuk siswa belajar menari karena tidak tersedia aula khusus untuk tari dimana siswa memanfaatkan ruang kelas dan lapangan sekolah sebagai tempat latihan menari sehingga tidak efktif karena pengaruh cuaca terhadap usia anak sekolah dasar. Selain itu juga, tidak ada media infokus/proyektor untuk menampilkan video tari kepada siswa sehingga siswa hanya menggunakan media seadanya, dan jugakurang berminatnya segelintir siswa dalam seni tari sehingga siswa tersebut tidak focus dan tidak semangat ketika belajar seni tari disekolah. Hal ini berpengaruh terhadap teman-temannya didalam kelas karena terbawa oleh sikap dari teman yang tidak menyukai seni tari.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | EFREDO JETIAN PRATAMA |
Date Deposited: | 15 Jul 2020 01:50 |
Last Modified: | 15 Jul 2020 01:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12672 |
Actions (login required)
View Item |