KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS PANTUN MELAYU SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 17 TANJUNG JABUNG TIMUR

RESITA, RTS. REZA (2020) KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS PANTUN MELAYU SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 17 TANJUNG JABUNG TIMUR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (623kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)

Abstract

ABSTRAK Resita, Rts Reza. 2020. Kemampuan Memahami Teks Pantun Melayu Siswa Kelas VII C SMP Negeri 17 Tanjung Jabung Timur: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Kamarudin, M.Pd., (II) Drs. Eddy Pahar Harahap. M.Pd. Kata Kunci: kemampuan, memahami, teks pantun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kemampuan Memahami Teks Pantun Melayu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis deskriptif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik. Subjek penelitian ini adalah Kemampuan Memahami Teks Pantun melayu siswa kelas VII C SMP Negeri 17 Tanjung Jabung Timur yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes unjuk kerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kemampuan Memahami Teks Pantun Melayu siswa kelas VII C SMP Negeri 17 Tanjung Jabung Timur mencapai nilai rata-rata 76,13 terdapat pada interval penilaian 75-84,99 dengan kategori Mampu. Perolehan tersebut dapat diuraikan sebagai berikut: (1) kemampuan mengidentifikasi syarat-syarat pantun memperoleh skor 84,35, (2) kemampuan mengategorikan jenis-jenis pantun memperoleh skor 77,2, (3) kemampuan mengidentifikasi unsur kaidah kebahasaan siswa memperoleh skor 70, 95, (4) kemampuan menjelaskan makna dalam pantun siswa memperoleh skor 72,3, (5) kemampuan menentukan amanat dalam pantun memperoleh nilai 75,85. Berdasarkan hasil di atas nilai rata-rata dalam Kemampuan Memahami Teks Pantun Melayu, terdapat pada interval 75-84,99, maka disimpulkan Kemampuan Memahami Teks Pantun Melayu siswa kelas VII C SMP Negeri 17 Tanjung Jabung Timur berkriteria Mampu. Maka dari itu disarankan untuk guru lebih memfokuskan kemampuan siswa dalam menidentifikasi unsur kaidah kebahasaan pantun dan menjelaskan makna dalam teks pantun, karena dalam aspek tersebut siswa masih dalam kategori cukup mampu.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RTS. REZA RESITA
Date Deposited: 15 Jul 2020 03:27
Last Modified: 15 Jul 2020 03:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12677

Actions (login required)

View Item View Item