Afrianti, Welda (2020) KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 8 KOTA JAMBI. S1 thesis, Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP.
Text
COVER.pdf Download (104kB) |
|
Text
pengesahan.pdf Download (813kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (88kB) |
|
Text
BAB I welda.pdf Download (169kB) |
|
Text
BAB V welda.pdf Download (85kB) |
Abstract
Kata Kunci: Kemampuan, Menulis Puisi, Pendekatan Kontekstual Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan pendekatan kontekstual siswa kelas VIII D SMP Negeri 8 Kota Jambi. Dalam rancangan penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII D SMP Negeri 8 Kota Jambi. Dalam penelitian ini data yang diperlukan adalah kemampuan menulis puisi dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Hasil penelitian ini adalah nilai rata-rata keseluruhan 79,5. Dari unsur makna/tema nilai rata-rata siswa adalah 94 termasuk kedalam kategori sangat mampu, pada unsur diksi nilai rata-rata siswa adalah 79,7 termasuk kedalam kategori mampu, sementara pada unsur majas nilai rata-rata siswa adalah 52,6 termasuk kedalam kategori kurang mampu. Pada unsur imaji nilai rata-rata siswa adalah 81,9 termasuk kedalam kategori mampu. Dan unsur amanat nila rata-rata siswa 89,2 termasuk kedalam kategori sangat mampu. Dari nilai rata-rata keseluruhan diatas dengan kategori mampu dapat disimpulkan bahwa pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kontekstual baik digunakan atau diterapkan dalam proses pembelajaran menulis puisi. Simpulan dari hasil penilitian ini Penelitian kemampuan menulis puisi dengan menggunakan pendekatan kontekstual siswa kelas VIII D SMP Negeri 8 Kota Jambi yang dilakukan meliputi 5 unsur pembangun puisi yaitu: makna/ tema, diksi, majas, imaji, dan amanat. Dari unsur makna/ tema memperoleh nilai rata-rata 94 tergolong ke dalam kriteria sangat mampu, untuk diksi memperoleh nilai rata-rata 79,7 termasuk ke dalam kriteria mampu, selanjutnya unsur majas memperoleh nilai rata-rata 52,6 yang termasuk ke dalam krtiteria tidak mampu, kemudian imaji memperoleh nilai rata-rata 81,9 termasuk kedalam kriteria mampu. Dan yang terakhir unsur amanat yang memperoleh nilai rata-rata 89,2 termasuk kedalam kriteria sangat mampu.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | WELDA AFRIANTI |
Date Deposited: | 15 Jul 2020 03:27 |
Last Modified: | 15 Jul 2020 03:27 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12678 |
Actions (login required)
View Item |