Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA N 2 Kota Jambi

Zulfia, Bayu Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA N 2 Kota Jambi. Bayu Zulfia Jurnal.

[img]
Preview
Text
A1A111052-ARTIKEL.pdf

Download (761kB) | Preview

Abstract

Kata kunci: Kecerdasan Intrapersonal, Gaya Belajar, Prestasi Belajar. Penyebab rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa karena siswa kurang memahami tentang dirinya. Siswa belum mampu mengenali kecerdasan yang dimiliki dan gaya belajar yang sesuai dengan dirinya. Dalam proses belajar mengajar, siswa harus mengenal kemampuan yang ada pada dirinya atau yang disebut dengan kecerdasan intrapersonal dan gaya belajar yang sesuai dengan dirinya guna untuk mendapatkan prestasi belajar yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intrapersonal dan gaya bekajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA N 2 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 2 Kota Jambi yang terdiri dari 5 kelas yaitu XI IPS 1 sampai XI IPS 5 dengan jumlah keseluruhan 198 orang. Dan di ambil sampel untuk penelitian dengan jumlah 132 orang. Data diperoleh dari angket dan nilai ujian siswa. Angket dalam penelitian ini terdiri dari butir-butir pertanyaan yang berkaitan dengan variabel kecerdasan intrapersonal dan gata belajar. Setelah itu, data diolah dengan menggunakan SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa hasil pengujian t hitung < t tabel maka Ho diterima dan Ha di tolak. Dan berdasarkan perhitungan t hitung > t tabel (2,270 > 1,9873) maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga hipotesis (Ha) menyatakan terdapat pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA N 2 Kota Jambi. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh yang signifikanantara variabel kecerdasan intrapersonal terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA N 2 Kota Jambi.(2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel gaya belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA N 2 Kota Jambi.(3) Terdapat pengaruh secara signifikan antara kecerdasan intrapersonal dan gaya belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 2 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: BAYU ZULFIA
Date Deposited: 17 Jul 2017 04:53
Last Modified: 17 Jul 2017 04:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1270

Actions (login required)

View Item View Item