Mawadhana W, Rizka (2020) Pengembangan Media Miniatur Kearifan Budaya Lokal pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
COVER REPOSITORY.pdf Download (119kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN oke.pdf Download (169kB) |
|
Text
DAFTAR ISI, DAFTAR GAMBAR, TABEL DAN LAMPIRAN.pdf Download (102kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (210kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (91kB) |
Abstract
Mawadhana W, Rizka 2020. Pengembangan Media Miniatur Kearifan Budaya Lokal Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Di Kelas IV. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Arsil, M.Pd., (II) Alirmansyah, M.Pd. Kata Kunci : Media Miniatur, Kearifan Budaya Lokal Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media miniatur kearifan budaya lokal jambi pada subtema keberagaman budaya bangsaku pada kelas IV SD. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pengembangan dengan Subjek penelitiannya adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, guru dan siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui metode observasi, dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan model ADDIE yaitu analisis, digsen, depelopmen, implementasi, dan evaluasi. Hasil yang didapatkan dari uji coba kelompok kecil berupa respon dan saran terhadap produk yang dikembangkan. Hasil penilaian angket Respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan adalah 80% dengan kategori “praktis” dapat digunakan dengan baik dan mudah digunakan oleh peserta didik. Hasil penilaian angket guru terhadap produk yang dikembangkan adalah 80% dengan kategori “praktis” . Hasil penilaian angket oleh guru dan peserta didik menujukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki dampak positif terhadap proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang dimaksud adalah pembelajaran yang hanya memuat materi tentang IPS. Hasil validasi ahli media adalah 4,80 dengan kategori “sangat valid”. Hasil valodasi materi adalah pada tahap I mendapat nilai 3,40 dengan kategori “cukup valid”, pada tahap II mendapatkan nilai 4,20 dengan kategori “valid”. Berdasarkan hasil uji coba tersebut, maka dapat disimpulkan bahwasanya media miniatur memiliki tingkat validitas dengan sangat valid serta mampu membantu peserta didik dalam memahami keberagaman budaya di Jambi, berupa informasi rumah adat, pakaian adat, serta alat musik yang terdapat di Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RIZKA MAWADHANA.W |
Date Deposited: | 16 Jul 2020 01:40 |
Last Modified: | 16 Jul 2020 01:40 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12720 |
Actions (login required)
View Item |