Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar

Pinanggih, Prilian Kintan (2020) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
6 COVER.pdf

Download (40kB)
[img] Text
8 HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (26kB)
[img] Text
11 DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL, LAMPIRAN.pdf

Download (43kB)
[img] Text
1 BAB I.pdf

Download (86kB)
[img] Text
5 BAB V.pdf

Download (32kB)

Abstract

Pinanggih Prilian Kintan. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pemblajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs Andi Suhandi, S.Pd., M.Pd.I., Pembimbing (II) Issaura Sherly Pamela, S.Pd., M.Pd., Kata Kunci : Pair Check, kemampuan, berpikir kritis. Proses pembelajaran akan lebih bermakna apabila menerapkan model pembelajaran yang dapat menjadi wadah bagi peserta didik untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Latar belakang dilakukannya penelitian ini dikarenakan kurangnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPA di kelas IV di SD Negeri 182/I Hutan Lindung. Hal ini dibuktikan dengan persentase kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPA di kelas IVsebelumnya sebesar 45% dalam kategori sangat kurang kritis. Maka dari itu, adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPA di kelas IV sekolah dasar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check. Penelitian ini di laksanakan di SD Negeri 182/I Hutan Lindung, Muara Bulian pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini ada penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari II siklus dengan prosedur penelitian yang dilaksanakan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan reflesi. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV SD Negeri 182/I Hutan Lindung, Muara Bulian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini tes, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe pair check pada pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 182/I Hutan Lindung. Adapun persentase kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah diberikan tindakan yaitu pada siklus I terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan persentase sebesar 60% dengan kategori kurang kritis, hal ini mengalami peningkatan pada siklus II dengan capaian persentase kemampuan berpikir kritis peserta didik 85% dengan kategori kritis. Dari hasil penelitian dapat disimpulakan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair check pada pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 182/I Hutan Lindung dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PRILIAN KINTAN PINANGGIH
Date Deposited: 16 Jul 2020 01:39
Last Modified: 16 Jul 2020 01:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12721

Actions (login required)

View Item View Item