PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA APRON HITUNG PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN DI PAUD PELITA HATI DESA KUNANGAN KABUPATEN TEBO

AINA, NETI (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA APRON HITUNG PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN DI PAUD PELITA HATI DESA KUNANGAN KABUPATEN TEBO. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (60kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)

Abstract

ABSTRAK Neti Aina. 2020 Pengaruh Penggunaan Media Apron Hitung Pada Anak Usia 4-5 Tahun Terhadap Kemampuan Mengenal Bilangan di PAUD Pelita Hati Desa Kunangan Kab Tebo. Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing I Dr. K.A. Rahman M.Pd.I, dan Pembimbing II Drs. Irwan, M.Pd Kata Kunci : Media Apron, Mengenal Bilangan, Anak Usia Dini Latar belakang dari penelitian ini adalah karena peneliti melihat rendahnya kemampuan kognitif anak di PAUD Pelita Hati Desa Kunangan Kabupaten Tebo untuk mengenal bilangan. Ini dapat dilihat dari kesulitan anak dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Selain itu peneliti menemukan minimnya media yang menunjang pelajaran seperti media apron hitung dan lain-lain. Sehingga menyebabkan kurangnya minat anak untuk berhitung dan anak tidak bisa mengurutkan bilangan dengan benar, urutan bilangan dari yang terkecil sampai yang terbesar atau sebaliknya. Karena itu peneliti mencoba menerapkan media apron hitung dan melihat pengaruhnya dalam pengenalan bilangan. Dalam penelitian ini kemampuan mengenal bilangan menggunakan teori dari kurikulum 137 Tahun 2013, Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh penggunaan media apron hitung pada anak usia 4-5 tahun terhadap kemampuan mengenal bilangan di PAUD Pelita Hati Desa Kunangan Kab Tebo? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media apron hitung pada anak usia 4-5 tahun terhadap kemampuan mengenal bilangan di PAUD Pelita Hati Desa Kunangan, Kabupaten Tebo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperiman yang menggunakan rancangan sebelum dan sesudah perlakuan. Desain ini hanya menggunakan satu lembaga untuk eksperimen tanpa adanya kelas kontrol. Teknik analisa data diperoleh dengan cara mengisi lembar angket dan pengamatan berupa catatan lapangan. Pengolahan hasil penelitian menggunakan program statistik SPSS. Dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling yang berjumlah 15 orang anak di PAUD Pelita Hati Desa Kunangan, Kabupaten Tebo. Hasil penelitian normalitas menunjukkan nilai pada kelompok pretest Sig 0.200> 0.05 dan postest 0.009 > 0.05 kelompok sebelum perlakuan dan Sig 0.200> 0.05 dan postest 0.200 > 0.05 kelompok sesudah perlakuan dan pengujian hipotesis bahwa uji t nilai thitung > ttabel dimana -0.232 < 2.145 pretest dan postest kelompok eksperimen tidak adanya perbedaan. Pada kelompok kontrol ditemukan thitung > ttabel dimana -3.604 > 2.145 Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat ada perbedaan pengaruh penggunaan media apron hitung pada anak usia 4-5 tahun terhadap kemampuan mengenal bilangan di PAUD Pelita Hati Desa Kunangan Kab Tebo pada kelompok sesudah perlakuan pada nilai pretest dan postest kelompok kontrol. Kesimpulan ditemukan penggunaan media apron hitung pada anak usia 4-5 tahun pada kelas eksperimen berkriteria efek sedang untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan di PAUD Pelita Hati Desa Kunangan Kab Tebo sebesar 52.9 % dan penggunaan media apron (pada kelas kontrol) berkriteria efek sedang untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan di PAUD Pelita Hati Desa Kunangan Kab Tebo sebesar 42.25%

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NETI AINA
Date Deposited: 16 Jul 2020 04:02
Last Modified: 16 Jul 2020 04:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12729

Actions (login required)

View Item View Item