SITEPU, RASITA (2020) IMPLEMENTASI BRAINSTORMING UNTUK MENGANALISIS PENGETAHUAN SISWA MENGENAI KESEHATAN REPRODUKSI PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI DI SMA KOTA JAMBI. S1 thesis, FKIP.
Text
COVER.pdf Download (188kB) |
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (504kB) |
|
Text
daftar isi, gambar, tabel dan lampiran.pdf Download (297kB) |
|
Text
BAB 1..pdf Download (320kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (190kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan siswa mengenai kesehatan reproduksi dengan menggunakan metode brainstorming. Metode brainstorming adalah metode yang efektif untuk menjadikan siswa lebih kreatif dalam menyampaikan pendapat. Tahapan yang dilakukan ada 3 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap analisis data. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan desain One Shot Case Study. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 10 Kota Jambi. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas XI IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan rumus ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal dapat diketahui bahwa rata-rata hasil individu pre-test yaitu 57,16 dan rata-rata nilai post-test yaitu 80,67 serta ketuntasan klasikal mencapai 80%. Respon dari siswa mengenai metode brainstorming yang digunakan pada saat menyampaikan materi mengenai kesehatan reproduksi termasuk kategori sangat baik hal ini dapat dilihat dari persentase respon siswa mengenai keterlaksanaan metode brainstorming yaitu 87,25% termasuk kedalam kategori “sangat baik”. Sehingga dapat diketahui metode brainstorming efektif dan membantu dalam menyampaikan materi tentang sistem reproduksi terutama pada materi kesehatan reproduksi. Kesimpulan dari hasil yang didapat bahwa brainstorming merupakan metode yang efektif dalam menyampaikan materi sistem reproduksi dapat dilihat melalui hasil tes yang diberikan. Dari hasil nilai post-tes dapat diketahui pengetahuan siswa mengenai Kesehatan reproduksi terlihat baik dan ketuntasan klasikal higga 80% dan hasil respon siswa mengenai metode yang digunakan termasuk kategori baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RASITA PEPAYOSA SITEPU |
Date Deposited: | 16 Jul 2020 07:48 |
Last Modified: | 16 Jul 2020 07:48 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12747 |
Actions (login required)
View Item |