PENGARUH DUKUNGAN ORANGTUA TERHADAP KEMAMPUAN BERSOSIALISASI SISWA DI SMA NEGERI 6 KOTA JAMBI

KRISTINA SINAGA, ELFRIDA (2020) PENGARUH DUKUNGAN ORANGTUA TERHADAP KEMAMPUAN BERSOSIALISASI SISWA DI SMA NEGERI 6 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (96kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)

Abstract

ABSTRAK Judul :Pengaruh Dukungan Orangtua terhadap Kemampuan Bersosialisasi Siswa di SMA Negeri 6 Kota Jambi Oleh : Elfrida Kristina Sinaga NIM : A1E115038 Pembimbing : 1. Drs. Asradi, M.M 2. Freddi Sarman, S.Pd M.Pd Dukungan orangtua merupakan sistem dukungan sosial yang terpenting dimasa remaja. Dibandingkan dengan sistem dukungan sosial lainnya, dukungan orangtua berhubungan dengan kesuksesan akademis remaja, gambaran diri yang positif, harga diri, percaya diri, motivasi dan kesehatan mental. Keterlibatan orangtua dihubungkan dengan prestasi sekolah dan emosional serta kehidupan sosialnya disekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat adanya pengaruh antara dukungan orangtua terhadap kemampuan bersosialisasi siswa di SMA Negeri 6 Kota Jambi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Jambi sebanyak 158 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Expost-facto dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Dukungan Orangtua (X) dengan Kemampuan Bersosialisasi (Y) di SMA Negeri 6 Kota Jambi dengan kriteria penafsiran penafsiran cukup kuat dengan nilai Adjusted R Square sebesar 0,301 dan memberikan makna bahwa dukungan orangtua memberikan kontribusi terhadap kemampuan bersosialisasi siswa sebesar 30,1% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Dengan adanya temuan bahwa dukungan orangtua mempengaruhi kemampuan bersosialisasi siswa, maka hal tersebut dapat dijadikan pertimbangan dalam melaksanakan program bimbingan dan konseling dalam peningkatan kemampuan bersosialisasi siswa. Guru pembimbing dapat memberikan layanan informasi dengan informasi yang berkaitan tentang pentingnya memiliki kemampuan sosialisasi yang baik, selain itu juga dapat memberikan layanan penguasaan konten dengan tema yang berkaitan dengan cara berkomunikasi, bekerjasama, serta menyesuaikan diri dilingkungan sekolah dengan baik. Kata Kunci : Dukungan Orangtua, Kemampuan Bersosialisasi

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ELFRIDA KRISTINA SINAGA
Date Deposited: 20 Jul 2020 02:04
Last Modified: 20 Jul 2020 02:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12763

Actions (login required)

View Item View Item