Mardayani, Dwi (2020) Pemahaman Literasi Budaya pada Peserta Didik Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
cover.pdf Download (105kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (89kB) |
|
Text
daftar isi, gambar, tabel, lampiran.pdf Download (102kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (221kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (90kB) |
Abstract
Mardayani, Dwi 2020.Pemahaman Literasi Budaya Pada Peserta Didik Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. H. Eko Kuntarto, M.Pd,, M.Comp. Eng., (II) Silvina Noviyanti S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Pemahaman Literasi Budaya Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pemahaman literasi budaya pada peserta didik sekolah dasar dan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kendala yang dihadapi sekolah dalam membentuk pemahaman literasi budaya pada peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV C yang berjumlah 9 orang beserta wali kelas IV C, dan peserta didik kelas V B terdiri dari 9 orang berserta wali kelas V B dan kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling. Data yang diperoleh berupa data kualitatif yang berisi deskripsi tentang hasil observasi dan wawancara dengan peserta didik, guru dan kepala sekolah mengenai pemahaman literasi budaya pada peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di kelas IV C dan kelas V B SD Negeri 13/1 Rengas Condong. Hasil penelitian menunjukan menunjukkan bahwa. Peserta didik sudah memiliki pemahaman literasi budaya dan peserta didik sudah menerapkan literasi budaya pada kesehariannya, kepala sekolah dan guru sudah berupaya dalam membentuk pemahaman literasi budaya pada peserta didik. Namun masih terdapat banyak kendala yang dihadapi sekolah dalam membentuk literasi budaya tersebut. diantaranya adalah kurang nya minat baca peserta didik, kurang nya sarana dan prasarana sekolah untuk mendukung pembentukan literasi budaya pada peserta didik, kurang nya ketersediaan dana untuk mendukung pembentukan literasi budaya pada peserta didik, dan kurangnya pemahaman tenaga pendidik dan kependidikan mengenai literasi budaya. Sehingga dengan kendala-kendala yang ada pembentukan literasi budaya pada peserta didik berjalan kurang maksimal.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Dwi Mardayani |
Date Deposited: | 17 Jul 2020 08:04 |
Last Modified: | 17 Jul 2020 08:04 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12771 |
Actions (login required)
View Item |