Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Mencari Informasi Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Pembelajaran IPA Kelas VB

Dewi, Diyah Fitriana (2020) Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Mencari Informasi Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Pembelajaran IPA Kelas VB. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER (E).pdf

Download (45kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN (E).pdf

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (82kB)

Abstract

Dewi, Diyah Fitriana. (2020). Menigkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mencari Informasi Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Pembelajaran IPA Kelas VB: Skripsi, JurusanIlmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Andi Suhandi. S. Pd, M. Pd.I., (II) Muhammad Sofwan, S. Pd., M. Pd., Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Mencari Informasi dan Pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mencari informasi peserta didik kelas VB Sekolah dasar Negeri 124/1 Batin, dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari II siklus dengan prosedur diawali dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VB SDN 124/1 Batin untuk melihat peningkatan kemampuan mencari informasi peserta didik, penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan mencari informasi peserta didik di kelas VB SDN 124/1 Batin. Pengumpulan data mengenai kemampuan mencari informasi IPA yang terdiri dari mengevaluasi kemampuan pribadi, membandingkan kemampuan pribadi dengan kemampuan orang lain, keadaan fisikologi saat mencari informasi, dan umpan balik sosial atau tanggapan orang lain berkaitan dengan kemampuan pencarian informasi yang dimiliki. Adapun presentase kemampuan mencari informasi pada siklus I sebesar 73.2% dengan kategori cukup. Siklus II mengalami peningkatan dari siklus I dengan capaian presentase 80.9% dengan kategori baik. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan mencari informasipesertadidik di kelas VB SDN 124/1 Batin. Disarankan agar perlu adanya penelitian lebih lanjut bagaimana dalam meningkatkan kemampuan mencari informasi dengan menggunakan model pembelajaran lain dan melakukan perubahan dan inovasi dalam penggunaan media untuk perubahan kearah yang lebih baik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DIYAH FITRIANA DEWI
Date Deposited: 20 Jul 2020 02:04
Last Modified: 20 Jul 2020 02:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12774

Actions (login required)

View Item View Item