Aflianty, Anggie Novebriayu Sukma (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN DENGAN MENERAPKAN METODE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) SISWA KELAS VII H SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI. S1 thesis, Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP.
Text
COVER.pdf Download (164kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (337kB) |
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (343kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (289kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (159kB) |
Abstract
Kata kunci: meningkatkan kemampuan, TGT (Teams Games Tournament), pantun. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis pantun dengan menerapkan metode pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) pada siswa kelas VII H SMP Negeri 22 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 22 Kota Jambi pada Januari 2020. Metode penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Pelaksanaannya terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dengan cara menerapkan metode TGT (Teams Games Tournament) pada proses pembelajaran, kemudian dilakukannya pengamatan dan pemberian tugas kepada siswa berupa menulis pantun (sebagai data utama) dan pengamatan keaktifan, konsentrasi, dan keseriusan siswa dalam kegiatan menulis (sebagai data penunjang). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perubahan peningkatan siswa dalam menulis teks pantun, dengan diterapkannya metode pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dapat dilihat dari hasil menulis pantun siswa pada tahap pratindakan rata-rata 58,23 dengan keterangan 11 siswa tuntas yaitu 35%. siklus I, dengan menggunakan metode pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) hasil rata-rata nilai siswa sebesar 72,16 dengan keterangan tuntas sebanyak 13 siswa yaitu 42%.Pada siklus II masih dengan metode yang sama tetapi dengan menambahkan media Kotak Ajaib dan pemberian Reaward (hadiah). Rata-rata nilai siswa meningkat sebesar 76,87 dengan keterangan 28 siswa tuntas yaitu 90%. Berdasarkan hasil dan pembahasan, dapat disimpulkan dengan menggunakan metode pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan menggunakan media kotak ajaib dan pemberian Reaward (hadiah) mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis pantun.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ANGGIE NOVEBRIAYU SUKMA AFLIANTY |
Date Deposited: | 17 Jul 2020 06:27 |
Last Modified: | 17 Jul 2020 06:27 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12775 |
Actions (login required)
View Item |