Implementasi Program Sekolah Ramah Anak di Sekolah Inklusif SDN 131/IV Kota Jambi

Nanola, Nauval (2020) Implementasi Program Sekolah Ramah Anak di Sekolah Inklusif SDN 131/IV Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (162kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, dll...pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (150kB)

Abstract

Nanola, Nauval. 2020. NIM A1D116127. Implementasi Program Sekolah Ramah Anak di Sekolah Inklusif SDN 131/IV Kota Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. H. Syahrial, M.Ed, Ph.D., (II) Hendra Budiono, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Program Sekolah Ramah Anak, Sekolah Inklusif Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Program Sekolah Ramah Anak di Sekolah Inklusif SDN 131/IV Kota Jambi dan mendeskripsikan pengalaman warga sekolah dalam Menjalankan Program Sekolah Ramah Anak di Sekolah Inklusif SDN 131/IV Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan pendekatan penelitian fenomenologi. Teknik analisis data menggunakan analisis data tematik. Penelitian ini dilakukan di SDN 131/IV Kota Jambi pada Januari-Maret 2020. Data penelitian ini diperoleh dengan cara observasi dan wawancara dengan warga sekolah SDN 131/IV Kota Jambi yaitu kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Setelah data diperoleh dan dianalisis secara kualitatif yaitu dengan menggunakan analasis data tematik. Hasil penelitian mengenai Implementasi Program Sekolah Ramah Anak di Sekolah Inklusif SDN 131/IV Kota Jambi menunjukkan bahwa pihak sekolah memberikan layanan terbaik kepada peserta didik normal maupun peserta didik berkebutuhan khusus melalui berbagai modifikasi atau penyesuaian kurikulum, sarana prasarana, sistem pembelajaran, sistem penilaian, dan kegiatan ekstrakurikuler sebagai bentuk dalam menghargai keberadaan peserta didik di SDN 131/IV Kota Jambi tersebut dan tidak adanya diskriminasi pendidikan kepada peserta didik berkebutuhan khusus dalam memperoleh pendidikan yang sama dengan anak normal lainnya seperti dalam hal penerimaan peserta didik dan proses pembelajaran. Berkaitan dengan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan dengan sumber data atau informan mengenai Implementasi Program Sekolah Ramah Anak di Sekolah Inklusif SDN 131/IV Kota Jambi dapat memunculkan 8 (delapan) tema. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa pengimplementasian program sekolah ramah anak di sekolah inklusif tersebut telah sesuai dengan salahsatu prinsip program sekolah ramah anak yakni prinsip nondiskriminasi. Program sekolah ramah anak tersebut didukung dengan adanya kerjasama pihak sekolah dengan dinas kesehatan, sehingga dapat mendukung tercapainya salahsatu indikator program sekolah ramah anak yang diterapkan di sekolah tersebut.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NOUVAL NANOLA
Date Deposited: 17 Jul 2020 07:38
Last Modified: 17 Jul 2020 07:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12778

Actions (login required)

View Item View Item