ELFERANI, RINA (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN MELALUI MEDIA SIMBOL-SIMBOL HURUF PADA ANAK USIA DINI DI TK NURUSSIBYAN KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (11kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (154kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (20kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (178kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (87kB) |
Abstract
ABSTRAK Elferani, Rina. 2020. Upaya Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan melalui Media Simbol-Simbol Huruf Pada Anak Usia Dini di TK Nurussibyan Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd (II) Nyimas Muazzomi, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: kemampuan keaksaran, media simbol-simbol huruf Penelitian ini dilatar belakangi adanya masalah tentang bahasa di Tk Nurussibyan Kota Jambi terutama dalam pengenalan huruf, yang ditandai dengan hanya sebagian anak yang dapat mengerti huruf dengan benar, tertarik untuk bermain sendiri dan anak masih belum mengerti tentang huruf-huruf alfabet. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana tingkat kemampuan keaksaraan anak usia dini sebelum menggunakan media simbol-simbol huruf di TK Nurussibyan Kota Jambi? 2) Bagaimana tingkat kemampuan keaksaraan anak usia dini setelah menggunakan media simbol-simbol huruf di TK Nurussibyan Kota Jambi? 3) Apakah media simbol-simbol huruf dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan anak usia dini di TK Nurussibyan Kota Jambi?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui tingkat kemampuan keaksaraan anak usia dini sebelum menggunakan media simbol-simbol huruf di TK Nurussibyan Kota Jambi, 2) Untuk mengetahui tingkat kemampuan keaksaraan anak usia dini setelah menggunakan media simbol-simbol huruf di TK Nurussibyan Kota Jambi dan 3) Untuk mengetahui media simbol-simbol huruf dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan anak usia dini di TK Nurussibyan Kota Jambi. Hipotesis dalam penelitian ini adalah media simbol-simbol huruf dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan pada anak usia dini di TK Nurussibyan Kota Jambi. Penelitian yang akan digunakan adalah Penelitian tindakan Kelas (PTK). Prosedur dalam penelitian ini meliputi penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan melakukan refleksi pada akhir kegiatan. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 11 anak yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 4 anak laki-laki dengan umur anak 5-6 tahun. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket dan analisis data dilakukan dengan menghitung keberhasilan tindakan yang dikonversikan dalam kategori kemampuan keaksaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : tingkat kemampuan keaksaraan anak di TK Nurussabyan pada pratindakan rata-rata 30 dan meningkat pada pada siklus I pertemuan 1 sebesar 32, pertemuan 2 sebesar 36 dan pertemuan 3 sebesar 38. Pada siklus II pertemuan 1 sebesar 55, pertemuan 2 sebesar 60 dan pertemuan 3 sebesar 65 dan siklus III pertemuan 1 sebesar 77, pertemuan 2 sebesar 77 dan pertemuan 3 sebesar 83. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Media simbol-simbol huruf dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan keaksaran anak usia dini.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RINA ELFERANI |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 02:05 |
Last Modified: | 20 Jul 2020 02:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12779 |
Actions (login required)
View Item |