Putra, Eka Satria and Dewi, Fatria and Fuldiaratman, Fuldiaratman (2020) Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Larutan Penyangga Melalui Dimendi Embark & Clarify Research Skill Development (RSD) di XI MIPA 1 SMA Adhyaksa 1 Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR dan LAMPIRAN.pdf Download (408kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (530kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (249kB) |
Abstract
Dalam menghadapi era digital abad 21, pemerintah telah menyiapkan keterampilan hidup melalui reformasi pendidikan yang membawa perubahan baru. Adapun perubahannya yaitu pendidikan bukan hanya untuk mempersiapkan keterampilan peserta didik agar siap bersaing di dunia kerja melainkan juga pendidikan mampu membentuk kemampuan berfikir tingkat tinggi dan karakter unggul peserta didik. Akan tetapi permasalahan yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran yaitu rendahnya akan kemampuan berpikir kreatif siswa. Masalah tersebut muncul dikarenakan rendahya pengetahuan awal siswa, apersepsi yang dilakukan oleh guru tidak menghubungkan dengan pengetahuan awal siswa dan siswa sulit dalam memahami konsep kimia yang abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa yang dilaksanakan oleh guru melalui dimensi Embark & Clarify Research Skill Development. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini merupakan kolaborasi antara peneliti dengan guru serta dengan teman sejawat calon guru. Penelitian tindakan ini dilaksanakan di kelas XI MIPA 1 SMA Adhyaksa 1 Jambi. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang telah dilakukan melalui dimensi Embark & Clarify Research Skill Developmenty yaitu terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang meningkat pada setiap siklusnya dari siklus I hingga siklus ke III . Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui dimensi Embark & Clarify Research Skill Development siswa mengalami peningkatan kemampuan berpikir kreatif yang dapat dilihat dari setiap siklus mengalami peningkatan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | EKA SATRIA PUTRA |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 07:25 |
Last Modified: | 20 Jul 2020 07:25 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12780 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |