Dyansah, Mora (2020) Meningkatkan perkembangan seni anak usia dini 4-5 tahun di tk pinang masak universitas jambi. S1 thesis, FKIP.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI KERTAS WANGI.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI (1).pdf Download (24kB) |
![]() |
Text
BAB I .pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (87kB) |
Abstract
ABSTRAK Dyansah, Mora. 2020. Meningkatkan Perkembangan Seni Anak Usia Dini 4-5 Tahun Melalui Bermain Musik Perkusi di TK Pinang Masak Universitas Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd (II) Dra. Destrinelli, M.Pd. Kata Kunci: perkembangan seni, bermain musik perkusi Penelitian ini dilatarbelakangi perkembangan seni anak usia dini di TK Pinang Masak Universitas Jambi belum baik. Hal ini dikarenakan anak belum mampu berekspresi sesuai kondisi saat itu, anak belum mampu melakukan suatu kegiatan yang memberikan nilai keindahan, anak masih malu-malu ketika diminta untuk menyebut alat musik dan anak belum mengenal alat-alat musik perkusi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perkembangan seni sebelum diberi tindakan bermain musik perkusi pada anak usia 4 sampai 5 tahun di TK Pinang Masak? 2) Bagaimana perkembangan seni setelah diberi tindakan bermain musik perkusi pada anak usia 4 sampai 5 tahun di TK Pinang Masak? 3) Apakah bermain musik perkusi dapat meningkatkan perkembangan seni anak usia 4 sampai 5 tahun di TK Pinang Masak?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perkembangan seni anak usia dini 4 sampai 5 tahun di TK Pinang Masak sebelum diberi tindakan berupa bermain musik perkusi, 2) Untuk mengetahui perkembangan seni anak usia dini 4 sampai 5 tahun di TK Pinang Masak setelah diberi tindakan berupa bermain musik perkusi dan 3) Untuk mengetahui peningkatan perkembangan seni anak usia dini 4 sampai 5 tahun di TK Pinang Masak melalui bermain musik perkusi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah yang meliputi penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan melakukan refleksi pada akhir kegiatan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 3kali pertemuan. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 10 anak yang terdiri dari 5 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket dan analisis data dilakukan dengan rumus rata-rata tingkat perkembangan seni anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : perkembangan seni anak pada pratindakan hanya 31 dan meningkat pada siklus I pertemuan 1 menjadi 35, siklus I pertemuan 2 sebesar 38 dan siklus I pertemuan 3 menjadi 41. Selanjutnya pada siklus II perkembangan seni anak semakin meningkat menjadi 42 pada siklus II pertemuan 1, siklus II pertemuan 2 menjadi 49 dan siklus II pertemuan 3 sebesar 57. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa bermain musik perkusi dapat meningkatkan perkembangan seni pada anak usia dini di TK Pinang Masak Universitas Jambi dengan kategori berkembang sesuai harapan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Bermain musik perkusi dapat meningkatkan perkembangan seni anak.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | MORA DYANSAH |
Date Deposited: | 17 Jul 2020 03:54 |
Last Modified: | 17 Jul 2020 03:54 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12785 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |