ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR

Fitriani, Erza (2020) ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (193kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan memecahkan masalah yang dimiliki guru wali kelas VA dalam proses pembelajaran, serta kendala yang dialami guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri No. 55/I Sridadi pada tahun ajaran 2019/2020. Data penelitian diperoleh menggunakan instrumen wawancara kepada guru wali kelas VA serta dokumentasi yang mendukung data hasil penelitian. Kemudian data dianalisi secara kulaitatif. Hasil peneitian menunjukkan bahwa guru dalam mengajarkan materi pemecahan masalah pada pembelajaran matematika dengan melakukan penanaman pengetahuan konseptual kepada siswa secara berulang-ulang agar siswa dapat memahaami materi. Guru juga mengenalkan pengetahuan prosedural penyelesaian permasalahan melalui berbagai cara dan trik tertentu. Guru menggunakan strategi dan metode dalam mengenalkan pengetahuan prosedural sehingga siswa dengan mudah untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Dalam proses pembelajaran guru juga mengaitkan pembelajaran matematika kedalam kehidupan sehari-hari. Namun begitu tidak semua siswa siswa mendapatkan hasil yang dinginkan. Guru juga mengalami kendala saat mengajarkan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika. Adapun kendala yang guru alami meliputi: siswa tidak menyukai pembelajaran matematika, kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika,dorongan semangat dari orang tua, dan waktu. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru hendaknya lebih sering memberikan trik-trik tertentu sesuai prosedur agar siswa lebih mudah dalam menyelesaikan pemecahan masalah matematika yang diberikan dan mendapatakan hasil yang benar sehingga tercapaikan tujuan pembelajaran. Karena pembelajaran matematika memang membutuhkan pemahaman yang baik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: ERZA FITRIANI
Date Deposited: 20 Jul 2020 02:08
Last Modified: 20 Jul 2020 02:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12822

Actions (login required)

View Item View Item