PENGEMBANGAN BUKU PEDOMAN PRAKTIKUM IPA BERBASIS KONTEKSTUAL KELAS VI SEKOLAH DASAR

Khairadi, Aisyah Putri (2020) PENGEMBANGAN BUKU PEDOMAN PRAKTIKUM IPA BERBASIS KONTEKSTUAL KELAS VI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (207kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (112kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (187kB)

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan dan kelayakan buku pedoman praktikum IPA berbasis kontekstual kelas VI Sekolah Dasar. Pengembangan ini diharapkan dapat membantu peserta didik dalam proses kegiatan praktikum dan mampu membuat kegiatan praktikum dapat terarah dengan baik sesuai dengan prosedur yang telah didesain. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Namun dalam melakukan pengembangan dan penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan dan evaluasi tanpa adanya tahap implementasi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri NO. 55/I Sridadi pada kelas VI B. Data penelitian ini diperoleh dari validasi materi, validasi desain/media dan validasi bahasa. Hasil penelitian berupa buku pedoman praktikum IPA berbasis kontekstual kelas VI sekolah dasar yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji kevalidan materi termasuk ke dalam kategori valid, dengan nilai rata-rata 4,32 oleh validator materi dari 9 indikator. Hasil validasi media termasuk ke dalam kategori valid, dengan nilai rata-rata 4,375 oleh validator dari 3 indikator. Kemudian, hasil validasi bahasa termasuk ke dalam kategori sangat valid, dengan nilai rata-rata 4,82 oleh validator dari 7 indikator. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku pedoman praktikum IPA berbasis kontekstual kelas VI sekolah dasar berada pada kategori valid. Dari hasil penelitian ini disarankan agar peneliti selanjutnya mendesain buku pada pokok bahasan dan tingkat kelas yang berbeda, selain itu, peneliti menyarankan untuk para peneliti selanjutnya agar dapat melakukan penelitian lebih lanjut tentang implementasi, uji kepraktisan dan keefektifan buku pedoman praktikum IPA berbasis kontekstual kelas VI sekolah dasar.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: Aisyah Putri Khairadi
Date Deposited: 20 Jul 2020 02:08
Last Modified: 20 Jul 2020 02:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12823

Actions (login required)

View Item View Item