PROBLEMATIKA LITERASI MEMBACA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Setiawati, Rita (2020) PROBLEMATIKA LITERASI MEMBACA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (33kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (135kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (283kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika literasi membaca di kelas IV sekolah dasar pada semester genap Tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian ini dilakukan di kelas IV A SD Negeri Nomor 112/I Perumnas pada 30 Januari sampai 14 Maret 2020. Data penelitian diperoleh melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, data dianalisis secara kualitatif menggunakan teori teknik analisis model Miles dan Huberman yang terdiri atas Reduksi, Penyajian dan Pengambilan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat permasalahan literasi membaca. Permasalahan tersebut merujuk pada sub indikator literasi membaca, diantaranya: memahami isi teks, menemukan kata kunci teks, memahami kata kunci teks, memahami tujuan penulis yang terdapat pada teks bacaan, menentukan opini di dalam teks, mengembangkan argumen di dalam teks, dan menghubungkan berbagai macam teks. Faktor penyebabnya yaitu, pemahaman peserta didik dalam membaca masih kurang, peserta didik hanya membaca tanpa memahami isi bacaan, keseriusan dan konsentrasi membaca yang masih kurang, peserta didik asik bermain dan mengobrol dengan teman sebangkunya, peserta didik masih kebingungan dan tidak mengerti, serta masih perlu arahan guru untuk memahami pembelajaran. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat menentukan langkah-langkah selanjutnya dalam mengatasi permasalahan literasi membaca, lebih meningkatkan kemampuan dalam mengajar, penggunaan media, dan memvariasikan strategi yang tepat. Peserta didik untuk untuk lebih rajian dalam membaca, menggali pengetahuannya, dan menambah pemahaman dari bacaannya.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Rita Setiawati
Date Deposited: 20 Jul 2020 02:09
Last Modified: 20 Jul 2020 02:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12824

Actions (login required)

View Item View Item