KEMAMPUAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM MENGERJAKAN SOAL IPA BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS)

Karomah, Resty (2020) KEMAMPUAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM MENGERJAKAN SOAL IPA BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS). S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (33kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (135kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (283kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas V Sekolah Dasar dalam mengerjakan soal IPA berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi di SDN No.55/I Sridadi pada level kognitif menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Data pada penelitian diperoleh dengan cara memberikan soal tes IPA yang berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi kepada siswa dengan menggunkan validitas isi sedangkan analisis datanya menggunakan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas V dalam mengerjakan soal IPA berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi pada level menganlisis (C4) memperoleh skor rata-rata 56,85 dengan kategori cukup, soal pada level mengevaluasi (C5) diperoleh skor rata-rata 62,43 dengan kategori cukup, dan soal pada level mencipta (C6) memperoleh skor rata-rata 69,086 dengan kategori cukup. Secara keseluruhan skor rata-rata siswa yaitu 60,56 dengan kategori cukup. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam mengerjakan soal IPA berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi di SDN No.55/I Sridadi pada level menganalisis, mengevaluasi, atau pun mencipta sudah cukup baik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: Resty Karomah
Date Deposited: 20 Jul 2020 02:09
Last Modified: 20 Jul 2020 02:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12831

Actions (login required)

View Item View Item