Analisis Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA Materi Geometri Pada Siswa Kelas X SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi

Sari, Novitri (2020) Analisis Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA Materi Geometri Pada Siswa Kelas X SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
1 Cover.pdf

Download (37kB)
[img] Text
4 Halaman Pengesahan.pdf

Download (721kB)
[img] Text
9 Daftar Isi, Tabel, Gambar, Lampiran.pdf

Download (43kB)
[img] Text
10 BAB I.pdf

Download (90kB)
[img] Text
14 BAB V.pdf

Download (39kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan soal PISA level 4, 5, dan 6 materi geometri. Penelitian ini dilakukan di SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi kelas X MIPA 5 tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah 3 siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar soal tes kemampuan matematika, lembar soal tes kemampuan penalaran, dan pedoman wawancara kemampuan penalaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan gambaran kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan soal PISA level 4 adalah siswa kemampuan tinggi yaitu subjek SKT. Subjek SKT memenuhi indikator mengajukan dugaan; melakukan manipulasi matematika; menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi; menarik kesimpulan dari pernyataan; memeriksa kesahihan suatu argumen; dan menemukan pola atau sifat dari gejala matematis untuk membuat generalisasi dalam menyelesaikan soal PISA level 4. Kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan soal PISA level 5 adalah siswa kemampuan tinggi dan siswa kemampuan sedang yaitu subjek SKT dan subjek SKS. Subjek SKT dan subjek SKS memenuhi indikator mengajukan dugaan; melakukan manipulasi matematika; menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi; menarik kesimpulan dari pernyataan; memeriksa kesahihan suatu argumen; dan menemukan pola atau sifat dari gejala matematis untuk membuat generalisasi dalam menyelesaikan soal PISA level 5. Kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan soal PISA level 6 adalah setiap subjek tidak ada yang memenuhi setiap indikator kemampuan penalaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: NOVITRI SARI
Date Deposited: 27 Jul 2020 01:40
Last Modified: 27 Jul 2020 01:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12837

Actions (login required)

View Item View Item