Hidayah, Annisa Nur (2020) Pengaruh lingkungan sekolah dan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 6 Kota Jambi. S1 thesis, FKIP.
Text
COVER HALAMAN JUDUL SKRIPSI-dikonversi.pdf Download (25kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (3MB) |
|
Text
DAFTAR_ISI_SEMINAR5-dikonversi.pdf Download (260kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (132kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (41kB) |
Abstract
Hidayah, Nur, Annisa. 2020. Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS DI SMA Negeri 6 Kota Jambi. FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Drs. H. Khairinal., Dpt. BA. M.Si. (II) Fachruddiansyah Muslim, S.Pd, M.Pd. Kata kunci: lingkungan sekolah, persepsi siswa, keterampilan mengajar guru, minat belajar Minat merupakan suatu keinginan, kemauan dan ketertarikan dalam diri seseorang tanpa adanya keterpaksaan dan diperhatikan terus menerus dengan rasa senang. Penelitian ini didasari oleh permasalahan yang dihadapi SMAN 6 Kota Jambi yaitu rendahnya minat belajar siswa yang disebabkan oleh lingkungan sekolah yang kurang mendukung dan juga keterampilan mengajar guru masih kurang baik. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui adakah pengaruh lingkungan sekolah dan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 6 Kota Jambi diketahui minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi masih tergolong rendah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara: (1) lingkungan sekolah terhadap minat belajar, (2) persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar, dan (3) lingkungan sekolah dan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI IIS SMA Negeri 6 Kota Jambi sebanyak empat kelas dengan jumlah seluruh siswa 118 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling dengan menggunakan rumus yamane didapat sebanyak 92 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan ex post facto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap minat belajar siswa dilihat pada nilai t_hitung yaitu 3,550 < 〖 t〗_(tabel ) yaitu 1,98667. (2) Terdapat pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar siswa dilihat pada t_hitung yaitu 0,284 < t_tabel yaitu 1,98667. (3) Terdapat pengaruh secara simultan lingkungan sekolah dan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar berdasarkan analisis data diperoleh〖 F〗_(hitung )yaitu 33,486 > 〖 F〗_(tabel ) yaitu 3,10 dan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,429 yang berarti bahwa minat belajar dipengaruhi oleh lingkungan sekolah dan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru sebesar 42,9% dan sisanya 57,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ANNISA NUR HIDAYAH |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 02:10 |
Last Modified: | 20 Jul 2020 02:10 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12844 |
Actions (login required)
View Item |