Meningkatkan Kemampuan Passing Bawah Melalui Latihan Passing Menggunakan Sasaran Tembok Memakai Latihan Pada Peserta Ekstrakulikuler Bola Voli SMP Negri Satu Atap 1 Tungkal Ilir

Andriyanti, Tini and Ilham, Ilham and Mardian, Roli (2020) Meningkatkan Kemampuan Passing Bawah Melalui Latihan Passing Menggunakan Sasaran Tembok Memakai Latihan Pada Peserta Ekstrakulikuler Bola Voli SMP Negri Satu Atap 1 Tungkal Ilir. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover.pdf

Download (175kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (421kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB I-dikonversi.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB V-dikonversi.pdf

Download (53kB)

Abstract

ABSTRAK Tini Andriyanti. 2020“Meningkatkan Kemampuan Passing Bawah Melalui Latihan Passing Menggunakan Sasaran Tembok Memakai Lingkaran Pada Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli SMP Negeri SatuAtap 1 Tungkal Ilir”.Program Studi Kepelatihan Olahraga,FIK Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr.Drs.Ilham. M.kes (II) RoliMardian, S.Pd, M.Pd Kata kunci: Kemampuan PassingBawah, SasaranTembokMemakaiLingkaran. Hasil pengamatan peneliti di SMP Negeri satu Atap 1 Tungkal Ilir permainan bola voli dijadikan suatu kegiatan belajar dan kegiatan ekstrakurikuler dapat dilakukan sebagai suatu kegiatan pendidikan yang dilaksanakan di waktu jam luar pelajaran, hasil pengamatan peneliti,siswa belum mampu melakukan passing bawah dengan baik dimana passing yang dilakukan sering keluar lapangan.Latihan yang selamaini di berikan hanya pada teknik bermain saja, sedangkan semangat bertanding dan pembentukan mental dapat di kembangkan melalui pertandingan antar kelompok, antar kelas dan antar sekolah.Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti memberikan latihan yang bertujuan meningkatkan kemampuan pasing bawah dengan latihan menggunakan sasaran tembok memakai lingkaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan passing bawah melalui latihan passing menggunakan sasaran tembok memakai lingkaran pada peserta ekstrakurikuler bola voli SMP Negeri SatuAtap 1 Tungkal Ilir. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari metode latihan.Penelitian ini dilaksanakan di lapangan bola voli SMP Negeri Satu Atap 1 Tungkal Ilir, waktu penelitian akan di laksanakan pada bulan Januari 2019.Dalam penelitian ini menggunakan total sampling yang berjumlah 14 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler putra dan putri. Hasil analisis data dilihat bahwa Lhitung <Ltabel untuk kedua kelas sampel. Yaitu untuk data tesawal di dapat L hitung 0.2088 yang < L tabel 0.2367 sedangkan untuk data tes akhir di dapat L hitung sebesar 0,2088 yang< L tabel 0,2367. Maka dapat di simpulkan bahwa kedua kelompok data berdistribusi normal. Hasil uji hipotesis t hitung 7.8620> t tabel 1.7709. Dengan demikian hipotesis nol diterima, hal ini berarti, terdapat peningkatan kemampuan passing bawah melalui latihan passing menggunakan sasaran tembok memakai lingkaran pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler SMP Negeri Satu Atap 1 Tungkal Ilir Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan passing bawah melalui latihan passing menggunakan sasaran tembok memakai lingkaran pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler SMP Negeri SatuAtap 1 Tungkal Ilir.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: TINI ANDRIYANTI
Date Deposited: 20 Jul 2020 02:53
Last Modified: 20 Jul 2020 02:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12849

Actions (login required)

View Item View Item