PENGARUH LATIHAN RESISTANCE BANDS , LATIHAN LEG PRESS TERHADAP KECEPATAN TENDANGAN SABIT PADA ATLET PENCAK SILAT IPSI KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR

waskito, abimanyu prabowo and Ali, Muhammad and Diana, Fitri (2020) PENGARUH LATIHAN RESISTANCE BANDS , LATIHAN LEG PRESS TERHADAP KECEPATAN TENDANGAN SABIT PADA ATLET PENCAK SILAT IPSI KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR. S1 thesis, universitas jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (19kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB)

Abstract

Abimanyu Prabowo Waskito.2020.”Pengaruh Latihan RESISTANCE BANDS, Latihan LEG PRESS Terhadap Kecepatan Tendangan Sabit Pada Atlet Pencak Silat IPSI Kabupaten Tanjung Jabung Timur”. Program Studi Kepelatihan Olahraga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNIVERSITAS JAMBI. Pembimbing(I) Dr.Muhammad Ali,S.Pd.,M.Pd. (II) Fitri Diana,S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci : Pengaruh Latihan RESISTANCE BANDS, Latihan LEG PRESS , Kecepatan Tendangan Sabit Hasil pengamatan peneliti pada Atlet IPSI Kabupaten Tanjung Jabung Timur masih mengalami kesulitan dalam melakukan tendangan sabit dari segi teknik sudah mendekati sempurna tendangannya hanya saja pada kecepatan tendangan yang mereka miliki belum baik, sehingga saat bertanding selalu kecolongan poin yang disebabkan kecepatan tendangan sabit masih kurang. Berdasarkan permasalahan diatas peneliti ingin memberikan suatu latihan yang bertujuan meningkatkan kecepatan tendangan sabit yaitu dengan menggunakan metode latihan RESISTANCE BANDS., Latihan LEG PRESS. Latihan Resistance Bands merupakan alat olahraga yang berbahan karet elastis yang berguna untuk menambah kecepatan tendangan sabit, Latihan Leg Press merupakan alat olahraga yang biasa kita temukan di tempat fitness, alat ini berguna untuk melatih kekuatan otot tungkai supaya tendangan sabit semakin meningkat kecepatanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh latihan Resistance Bands, Latihan Leg Press terhadap kecepatan tendangan tsabit pada Atlet Pencak silat IPSI Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian eksperimen, penelitian ekperimen merupakan penelitian untuk mengetahui ada dan tidak adanya akibat dari suatu yang dikenakan pada objek selidiki. Metode penelitian ekperimen merupakan metode yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali. Penarikan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan purposive sampling, yaitu populasi yang di ambil yaitu hanya atlet putra saja yang berjumlah 15 orang atlet putra. Berdasarkan hasil analisis data tes awal Lhitung 0.131 < Ltabel 0.220 maka data tes awal kecepatan tendangan sabit dikatakan normal, dan hasil data tes akhir Lhitung 0.181 < Ltabel 0.220 maka data tes akhir dikatakan normal. T Hitung 16.88 dan T Tabel 1.76131 dengan d.b. n-1 (15-1 = 14 pada α = 0,05. 95% ) maka di bandingkan harga t hitung dengan harga t tabel. Perbandingan harga antara t hitung dan nilai presentil dari tabel distribusi diperoleh t hitung (16.88) > t tabel (1.76131). Ini berarti Terdapat pengaruh latihan resistance bands ,latihan leg press terhadap kecepatan tendangan sabit pada atlet pencak silat IPSI Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: ABIMANYU PRABOWO WASKITO
Date Deposited: 20 Jul 2020 03:19
Last Modified: 20 Jul 2020 03:19
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12851

Actions (login required)

View Item View Item