Anugroho, Anugroho (2020) Pengaruh Lingkungsn Keluarga dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa kelas X SMA Negeri 12 Kota Jambi. S1 thesis, FKIP.
![]() |
Text
1. Cover Luar Skripsi.pdf Download (19kB) |
![]() |
Text
Dokumen Baru.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
9. Daftar Isi.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
11. BAB 1 Skripsi.pdf Download (398kB) |
![]() |
Text
15. BAB 5 Skripsi.pdf Download (150kB) |
Abstract
ABSTRAK Anugroho. 2020. “Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Kota Jambi”. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Dra. Hj. May Maemunah M, M.E. (II) Ahmad Nasori, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 12 Kota Jambi. Adapun yang melatar belakangi penelitian ini adalah masih banyaknya siswa yang mendapat nilai dibawah KKM, hal yang diduga mempengaruhi hasil belajar tersebut adalah lingkungan keluarga yang kurang kondusif dan motivasi belajar yang menjadi dampak buruk terhadap siswa itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 12 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian kuantitatif yaitu data yang dikumpul dan dinyatakan dalam bentuk angka-angka. Variabel bebas (independent variabel) yaitu lingkungan keluarga (X1), motivasi belajar (X2), dan variabel terikat (dependent variabel) yaitu hasil belajar (Y), populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS di SMA Negeri 12 Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian, dilihat dari variabel lingkungan keluarga (X1) memiliki thitung sebesar 5,143. Kemudian untuk ttabel menggunakan df = n - k dengan n adalah jumlah sampel, sehingga hasilnya yaitu 58 - 2 = 55, sehingga ttabel = 2,004. Jadi diperoleh bahwa thitung > ttabel (5,143 > 2,004). Dilihat dari variabel variabel motivasi belajar (X2) memiliki thitung sebesar 6,050. Kemudian untuk ttabel menggunakan rumus df = n – k dengan n adalah jumlah sampel dan k adalah jumlah variabel bebas dan terikat, sehingga hasilnya yaitu 58 – 3 = 55, sehingga ttabel = 2,004. Jadi diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 6,050 > 2,004. Terlihat tingkat signifikan dibawah 0,05 yaitu 0,006 berdasarkan cara pengambilan uji simultan bahwa variabel lingkungan keluarga (X1) dan motivasi belajar (X2) jika diuji bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (Y). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 12 Kota.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ANUGROHO |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 03:42 |
Last Modified: | 20 Jul 2020 03:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12853 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |