YUNITA, ELLA (2020) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENJIPLAK DI PAUD MUTIARA ASUH KABUPATEN SAROLANGUN. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (88kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (147kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (98kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (177kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (86kB) |
Abstract
ABSTRAK Yunita, Ella. 2020. Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menjiplak di PAUD Mutiara Asuh Kabupaten Sarolangun. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd (II) Nyimas Muazzomi, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: perkembangan motorik halus, kegiatan menjiplak Penelitian ini dilatarbelakangi perkembangan motorik halus anak usia dini di PAUD Mutiara Asuh belum baik. Hal ini terbukti anak masih mengalami kesulitan dalam menggambar dengan cara menjiplak. Selain itu, pada saat guru meminta anak untuk melakukan kegiatan seperti menjumput, mengepal dan gerakan memeras, justru sibuk bermain sendiri dengan temannya bahkan mengganggu temannya yang sedang mengikuti kegiatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perkembangan motorik halus anak usia dini setelah diberikan tindakan kegiatan menjiplak PAUD Mutiara Asuh Kabupaten Sarolangun? 2) Apakah kegiatan menjiplak dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak usia dini di PAUD Mutiara Asuh Kabupaten Sarolangun?. Hipotesis dari penelitian ini adalah melalui kegiatan menjiplak dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak usia dini di PAUD Mutiara Asuh Kabupaten Sarolangun. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui perkembangan motorik halus anak usia dini setelah diberikan tindakan kegiatan menjiplak 2) untuk mengetahui kegiatan menjiplak dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak usia dini di PAUD Mutiara Asuh Kabupaten Sarolangun. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah yang meliputi penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan melakukan refleksi pada akhir kegiatan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 4 kali pertemuan. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil siklus I pertemuan 1 36, siklus I pertemuan ke 2 43, siklus I pertemuan 3 51. Siklus II pertemuan 1 53, siklus II pertemuan 2 62, siklus II pertemuan 3 66. Siklus III pertemuan 1 69, siklus III pertemuan 2 80 melebihi kriteria ketuntasan yaitu 75. Berdasarkan nilai rataan tersebut, terlihat bahwa perkembangan motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan menjiplak dan berada pada kategori “berkembang sangat baik”. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan menjiplak dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak dengan peningkatan yang sangat baik melebihi batas ketuntasan 75 yaitu 80 dan berada pada kategori berkembang sangat baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ELLA YUNITA |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 06:18 |
Last Modified: | 20 Jul 2020 06:18 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12860 |
Actions (login required)
View Item |