Pondok Pesantren Jauharul Falah Al-Islamy Sungai Terap Kumpeh Ulu Muaro Jambi 2004-2018

Subhan, Muhammad (2020) Pondok Pesantren Jauharul Falah Al-Islamy Sungai Terap Kumpeh Ulu Muaro Jambi 2004-2018. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER 2.pdf

Download (158kB)
[img] Text
20200720_133413.pdf

Download (118kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (150kB)

Abstract

ABSTRAK M. Subhan. 2020. Pondok Pesantren Jauharul Falah Al-Islamy Sungai Terap Kumpeh Ulu Muaro Jambi 2004-2018: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Budi Purnomo, M.Hum, M.Pd, (II) Nelly Indrayani, S.Hum, M.Hum. Kata Kunci : pesantren, perkembangan, dampak. Pesantren adalah lembaga yang mewujudkan perkembangan sistem pendidikan nasional. Dari segi historis, pesantren tidak hanya mengandung makna keislaman tetapi juga keaslian Indonesia. Secara umum pondok pesantren mempunyai tujuan dan fungsi sebagai lembaga pendidikan dan penyiaran agama Islam. Pondok Pesantren Jauharul Falah Al-Islamy merupakan salah satu contoh pondok pesantren yang ada di Jambi menerapkan sistem pondok pesantren modern dalam pelaksanaannya, yakni memadukan pendidikan salaf (tradisional) yang khas dengan kitab kuning dengan pendidikan ilmu pengetahuan modern. Pondok Pesantren Jauharul Falah Al-Islamy ini berdiri pada tahun 2004 dan terbilang masih muda usianya. Namun demikian pondok pesantren ini mengalami perkembangan yang sangat pesat, dari segi pembangunan, fasilitas, jumlah santri dan prestasinya baik ditingkat daerah maupun nasional. Penelitian ini menggunakan metode sejarah. Adapun metode sejarah yaitu, Heuristik, kritik sumber, interpretasi dan historografi. Rancangan konseptual dalam penelitian ini menggunakan penelitian sejarah pendidikan. Adapun hasil penelitian ini pertama, Pondok Pesantren Jauharul Falah Al-Islamy didirikan oleh Walid Toni Fadliansyah, S.Pd.I Al-Hafidz bersama dengan tokoh-tokoh masyarakat desa Sungai Terap pada tahun 2004. Pondok pesantren ini mengalami perkembangan, baik itu bangunan, fasilitas, kualitas dan jumlah santri yang relatif cepat dari tahun 2004 sampai dengan tahun 2018. Masyarakat dan pemerintah setempat sangat merespon baik akan adanya Pondok Pesantren Jauharul Falah Al-Islamy ini, karena pondok pesantren manfaat baiknya sangat dirasakan oleh warga desa Sungai Terap. Dilihat dari segi kehidupan sosial, sikap simpati, empati dan gotong royong semakin baik, masyarakat mulai menggunakan busana yang lebih tertutup, dan masyarakat mulai meninggalkan kegiatan-kegiatan malam yang tidak bermanfaat. Dampak dalam bidang agama, masyarakat perlahan meninggalkan perbuatan maksiat yang merugikan diri sendiri bahkan orang lain, mulai meramaikan masjid pada saat sholat berjama’ah dan hari-hari besar Islam, tadarus Al-Qur’an dimalam hari pada saat bulan Romadhon. Selain itu Pondok Pesantren Jauharul Falah Al-Islamy ini merupakan lembaga pendidikan Islam yang menyelenggarakan pendidikan formal, baik tingkat Madin, MTs dan SMA Islam, sehingga masyarakat bisa melanjutkan pendidikannya yang awalnya hanya sebatas sekolah tingkat dasar saja, sekarang bisa sampai kejenjang perguruan tinggi, bahkan ada juga yang melanjutkan ke luar negeri.

Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JC Political theory
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: M. SUBHAN
Date Deposited: 20 Jul 2020 08:03
Last Modified: 20 Jul 2020 08:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12868

Actions (login required)

View Item View Item