ANALISIS PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMIBING DAN KORELASINYA DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMAN 6 KOTA JAMBI

Virantika, Nadila and Effendi, Haris and Dewi, Fatria (2020) ANALISIS PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMIBING DAN KORELASINYA DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMAN 6 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER-converted.pdf

Download (74kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN-converted.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, Gambar, Tabel, Lampiran-converted.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB I-converted.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB V-converted.pdf

Download (35kB)

Abstract

Berdasarkan Kurikulum 2013, dalam pembelajaran siswa adalah subjek yang mempunyai kemampuan aktif mencari, mengolah, mengkontruksi, dan menggunakan pengetahuan. Siswa bekesempatan mengkontruksi pengetahuan salam proses kognitifnya salah satunya kemampuan berpikir kreatif. Salah satu model pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan korelasinya dengan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi larutan penyangga di SMAN 6 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model secara bersamaan dalam satu waktu (triangulasi konkuren). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI MIA 4. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi pelaksanaan model pembelajaran inkuiri tebimbing baik dari guru maupun siswa dan soal tes essay kemampuan berpikir kreatif siswa. Untuk melihat korelasi pelaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan kemampuan berpikir kreatif siswa dilakukan dengan uji korelasi product moment. Pelaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing oleh siswa sebesar 73,74% dengan kategori baik dan persentase kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 73,16% dengan kategori baik. Korelasi pelaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh rxy = 0,78 dengan tingkat hubungan kuat, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil peneltian disimpulkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berjalan dengan baik dan berkorelasi dengan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI MIA 4 SMAN 6 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: NADILAVIRANTIKA
Date Deposited: 21 Jul 2020 02:22
Last Modified: 21 Jul 2020 02:22
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12876

Actions (login required)

View Item View Item