MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI REAKSI REDOKS MELALUI DIMENSI FIND & GENERATE OF RESEARCH SKILL DEVELOPMENT (RSD) DI MA LABORATORIUM KOTA JAMBI

Putra, Fauzan Maha and Fuldiaratman, Fuldiaratman and Dewi, Fatria (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI REAKSI REDOKS MELALUI DIMENSI FIND & GENERATE OF RESEARCH SKILL DEVELOPMENT (RSD) DI MA LABORATORIUM KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (207kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN-converted.pdf

Download (133kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL, LAMPIRAN.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB I-1.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (147kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adanya permasalahan yang dihadapi siswa yaitu masih belum terlatihnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal tersebut terlihat dari kemampuan berpikir siswa yang belum menunjukkan aspek-aspek berpikir kreatif seperti keterampilan berpikir lancar, lentur, osininil dan elaborasi. Hal tersebut juga disebabkan oleh diskusi yang diterapkan belum maksimal dan konsep reaksi redoks masih sulit dipahami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran kimia materi reaksi redoks melalui dimensi Find & Generate of Research Skill Development (RSD) di MA Laboratorium Kota Jambi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan ini dilaksanakan di kelas X MIPA 2 MA Laboratorium Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian pada pembelajaran melalui dimensi Find & Generate of RSD untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa terlihat persentase kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat pada siklus I ke siklus II dan siklus II ke siklus III sebesar 16,15 % dan 8,89 %, yaitu siklus I 45,73 % (cukup), siklus II (cukup) 61,88 % dan siklus III 70,77 % (baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan pembelajaran yang melalui dimensi Find & Generate of RSD dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi reaksi redoks di kelas X MIPA 2 MA Laboratorium Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Fauzan Maha Putra
Date Deposited: 21 Jul 2020 02:20
Last Modified: 21 Jul 2020 02:20
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12877

Actions (login required)

View Item View Item