Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik pada Mata Pelajaran IPS untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi

Sofyaningsih, Dewi and -, Muazza and Nasori, Ahmad (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik pada Mata Pelajaran IPS untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (31kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (509kB)
[img] Text
DI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (155kB)

Abstract

Pengembangan media dilakukan untuk menciptakan media pembelajaran yang lebih beragam dan menarik. Selain buku paket, diperlukan media pembelajaran lainnya selain spidol dan papan tulis. Perlu dilakukan pengembangan media dalam rangka memberikan inovasi dalam pendidikan. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui tahap-tahap pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi, (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis komik pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi, (3) Mengetahui tanggapan siswa kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi terhadap media pembelajaran IPS dalam bentuk komik. Media komik berisi materi mengenai kegiatan ekonomi: kegiatan produksi, kegiatan distribusi dan kegiatan konsumsi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur model pengembangan ADDIE. Penelitian dilakukan pada Maret sampai April 2019, dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan instrumen observasi, angket validasi ahli materi dan ahli media, angket uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Hasil validasi digunakan untuk melihat kelayakan produk. Hasil uji coba kelayakan menunjukan bahwa komik yang digunakan untuk penelitian layak dan sangat layak dengan nilai pencapaian yakni: ahli materi 80% dan ahli media 94,5%. Hasil uji coba produk dilakukan untuk melihat kemenarikan produk. Hasil Uji coba kemenarikan diperoleh persentase pencapaian cukup menarik yaitu: uji coba kelompok kecil sebesar 80,3% dan uji coba kelompok besar 75,8%. Jadi kesimpulannya media pembelajaran komik layak digunakan dan menarik. Saran dari peneliti yaitu guru perlu mengembangkan media pembelajaran komik pada materi yang lain maupun mengembangankan media pada mata pelajaran selain IPS.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: DEWI SOFYANINGSIH
Date Deposited: 22 Jul 2020 02:02
Last Modified: 22 Jul 2020 02:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12923

Actions (login required)

View Item View Item