UPAYA MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN KLASIKAL DENGAN ICE BREAKING DI KELAS VII-C SMP N 17 KOTA JAMBI

MELATI, RIMA (2020) UPAYA MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN KLASIKAL DENGAN ICE BREAKING DI KELAS VII-C SMP N 17 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (103kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)

Abstract

ABSTRAK Judul :Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Melalui Layanan Klasikal dengan Ice Breaking Di Kelas VII-C SMP N 17 Kota Jambi Penulis : Rima Melati NIM : A1E115009 Pembimbing : 1. Drs. Joni Afri, M.Pd 2. Affan Yusra, S.Pd., M.Pd Konsentrasi belajar merupakan pemusatan daya pikiran dan perbuatan pada suatu objek yang dipelajari dengan menghalau atau menyisihkan segala hal yang tidak ada hubungan dengan objek yang dipelajari, dalam BK konsentrasi yang dimaksud adalah konsentrasi siswa ketika guru BK memberikan layanan. Maka cara yang harus diterapkan oleh guru BK agar siswa tidak merasa jenuh dan tertarik terhadap materi layanan yang diberikan yaitu dengan memberikan ice breaking di sela-sela proses pemberian layanan untuk menghilangkan kejenuhan siswa dan meningkatkan konsentrasi belajar siswa selama pemberian layanan Batasan masalah dalam layanan klasikal yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah layanan penguasaan konten dan konsentrasi belajar yang diamati dalam penelitian ini adalah perilaku seperti fokus pandangan, perhatian, sambutan lisan, dan mampu menjawab. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-C yang berjumlah 39 siswa di SMP N 17 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus, yang terdiri dari empat kompetensi pada setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Pelaksanaan layanan klasikal dengan ice breaking untuk meningkatkan konsentasi belajar siswa menunjukkan pada pelaksaan siklus III paling baik. Karena menunjukkan tingkat konsentrasi belajar siswa paling tinggi. Pada siklus III siswa sangat aktif menyampaikan pendapat dan bertanya ditambah siswa sudah mengerti dengan ice breaking genap dan ganjil, ice breaking tepuk tangan, serta ice breaking nyanyi dengan gerakan yang menunjukkan tingkat konsentrasi belajar siswa tinggi. Kata Kunci : Konsentrasi Belajar, layanan Klasikal, Ice Breaking.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RIMA MELATI
Date Deposited: 22 Jul 2020 02:03
Last Modified: 22 Jul 2020 02:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12944

Actions (login required)

View Item View Item