PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM IPA BERBASIS INQUIRI DI KELAS V SD

PRATAMA, ADITYA YOHAN (2020) PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM IPA BERBASIS INQUIRI DI KELAS V SD. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
cover.pdf

Download (346kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB I elista.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (184kB)

Abstract

ABSTRAK Pratama, Aditya Yohan. 2020. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum IPA Berbasis Inquiri di Kelas V SD: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, pembimbing: (I) Drs. Faizal Chan, S.Pd., M.Si., (II) Hendra Budiono, S.Pd., M.Pd., Kata kunci: Petunjuk Praktikum IPA, Inquiri, Media Pembelajaran Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan kelayakan produk buku petunjuk praktikum IPA berbasis inquiri di kelas V SD yang valid. Penelitiaan ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan Model pengembangan ADDIE, dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri 55/I Sridadi dan SD Negeri 164/I Sridadi, Kecamatan Muara Bulian, Kab. Batanghari, Provinsi Jambi. Penelitian ini dilakukan pada 18 Januari sampai dengan 24 Februari 2020 di SD Negeri 55/I Sridadi dan SD Negeri 164/I Sridadi. Data penelitian dan pengembangan ini diperoleh dari beberapa sumber yaitu: Validasi produk, validasi pembelajaran, dan validasi materi. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kevalidan buku petunjuk praktikum IPA berbasis inquiri kelas V SD yang diperoleh dari validator media yaitu 4,56 dengan kategori sangat valid, validator materi yaitu 4,40 dengan kategori sangat valid dan validator bahasa yaitu 4,67 dengan kategori sangat valid. Dari hasil yang telah didapatkan, dapat disimpulkan bahwa buku petunjuk praktikum IPA berbasis inquiri di kelas V SD dapat digunakan untuk mendapampingi buku siswa kurikulum 2013. Buku petunjuk praktikum IPA berbasis inquiri kelas V SD ini termasuk ke kategori valid dan dapat digunakan untuk pendamping buku siswa didalam pembelajaran kelas V SD.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: ADITYA YOHAN PRATAMA
Date Deposited: 22 Jul 2020 02:24
Last Modified: 22 Jul 2020 02:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12961

Actions (login required)

View Item View Item