Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI MIPA SMA Negeri 12 Kota Jambi.

Asmira, Ayu and Malik, Affan and Haryanto, Haryanto (2020) Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI MIPA SMA Negeri 12 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (197kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (266kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (150kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi larutan penyangga di SMA Negeri 12 Kota Jambi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode campuran (mix method) dengan jenis model Triangulasi Konkuren.Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling yaitu kelas XI MIPA 1. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen penilaian penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning oleh guru, instrumen penilaian literasi sains siswa pada ranah afektif dan psikomotor serta tes essay untuk mengamati ranah kognitif siswa. Untuk melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan literasi sains siswa dilakukan uji t berpasangan. Persentase kemampuan literasi sains siswa pada ranah afektif sebesar 72,66% dengan kategori baik dan persentase kemampuan literasi sains siswa pada ranah psikomotor sebesar 71,76% dengan kategori baik serta persentase kemampuan literasi sains siswa pada ranah kognitif sebesar 77,86%dengan kategori baik. Pengaruh penggunaan model Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan literasi sains siswa diperoleh thitung sebesar -23,262 dan ttabel sebesar 2,032. Karena -2,032 > -23,262 maka H0 ditolak Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berjalan dengan baik danberpengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 12 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ayu Asmira
Date Deposited: 22 Jul 2020 06:47
Last Modified: 22 Jul 2020 06:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13021

Actions (login required)

View Item View Item