Analisis Penggunaan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning)Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Materi Larutan Penyangga Kelas XI MIPA SMA N 12 Kota Jambi

Mulyana, Dolla Harnas and Zurweni, Zurweni and Haryanto, Haryanto (2020) Analisis Penggunaan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning)Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Materi Larutan Penyangga Kelas XI MIPA SMA N 12 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (167kB)
[img] Text
HAL PENGESAHAN.pdf

Download (229kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (150kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam materi larutan penyangga. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode mix method jenis triangulasi konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 3. Instrument penilaian yang digunakan yaitu instrument penilaian penggunaan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning), Instrument penilaian kemampuan berpikir kritis siswa pada aspek afektif (sikap) dan psikomotor (keterampilan) dan test essay kemampuan berpikir kritis siswa pada aspek kognitif (pengetahuan). Untuk melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan uji-t berpasangan. Penggunaan model pembelajaran PBL oleh guru dengan rata-rata persentase sebesar 69,64 % sedangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada aspek afekif sebesar 68.27%, psikomotor sebesar 67.01 % dan kognitif sebesar 73.48 %. Terdapat pengaruh penggunaan model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis berdasarkan pada ttabel = -2.037 > t hitung= -58.46 maka Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan menunjukkan penggunaan model PBL oleh guru dan kemampuan berpikir kritis siswa pada aspek afektif, psikomotor, dan kognitif pada materi larutan penyangga terlaksana dengan baik dan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: DOLLA MULYANA HARNAS
Date Deposited: 23 Jul 2020 02:18
Last Modified: 23 Jul 2020 02:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13023

Actions (login required)

View Item View Item