Strategi Guru dalam Menanamkan Sikap Toleransi Peserta Didik di Sekolah Inklusi SD Negeri 131/IV Kota Jambi

Afnitri Wahyuni, Suci and -, Yantoro and Hayati, Suci (2020) Strategi Guru dalam Menanamkan Sikap Toleransi Peserta Didik di Sekolah Inklusi SD Negeri 131/IV Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN-dikonversi.pdf

Download (70kB)
[img] Text
COVER UPLOAD.pdf

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR ISI-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (153kB)

Abstract

ABSTRAK Wahyuni, SuciAfnitri. (2020) Strategi Guru Dalam Menanamkan Sikap Toleransi Peserta Peserta Didik di Sekolah Inklusi SD Negeri 131/IV Kota Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1)Dr. Yantoro,M.Pd,(2)Suci Hayati,S.Pd,M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Sikap Toleransi, Sekolah Inklusi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menanamkan sikap toleransi peserta didik di sekolah inklusi SD Negeri 131/IV Kota Jambi.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan pendekatan penelitian berupa fenomenologi. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan teknik analis model Miles dan Huberman dengan melalui 3 tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah melakukan berbagai upaya dalam menanamkan sikap toleransi kepada peserta didik di sekolah inklusi SD Negeri 131/IV Kota Jambi sehingga peserta didik normal dan berkebutuhan khusus mendapatkan kesempatan dan hak yang sama dalam memperoleh pendidikan. Dari penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa strategi guru dalam menanamkan sikap toleransi peserta didik di sekolah inklusi tersebut adalah dengan: guru menata tempat duduk peserta didik secara heterogen, menggunakan metode diskusi kelompok dalam pembelajaran, memberikan nasihat atau teguran kepada peserta didik, menjadi contoh atau teladan dalam berperilaku, dan membiasakan semua peserta didik untuk saling berbaur melalui kegiatan rutin sekolah tanpa membeda-bedakan mereka.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: SUCI AFNITRI WAHYUNI
Date Deposited: 23 Jul 2020 02:17
Last Modified: 23 Jul 2020 02:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13048

Actions (login required)

View Item View Item