IMPLEMENTASI PROGRAM MENGHAFAL KOSAKATA BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN AL- JAUHAREN KOTA JAMBI

Apriani, Lili (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM MENGHAFAL KOSAKATA BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN AL- JAUHAREN KOTA JAMBI. S1 thesis, Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (30kB)
[img] Text
PENGESAHAN-1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (158kB)

Abstract

Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah santri dan santriwati Pondok Pesantren Al-Jauharen kelas VIII tsanawiyah Tahun Pelajaran 2019-2020 tidak semuanya memiliki dasar kemampuan belajar bahasa Arab sebelum masuk ke Pondok Pesantren Al-Jauharen, dan dalam proseses pembelajaran guru terkesan monoton dalam menyampaikan pembelajaran bahasa Arab, kemudian kurangnya kemampuan santri dan santriwati Pondok Pesantren Al-Jauharen dalam menerima dan memahami setiap proses pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk: Pertama, untuk mengetahui bagaimana implemetasi program menghafal kosakata bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Jauharen Kota Jambi. Kedua, untuk mengetahui dan menganalisis apa saja kendala yang dihadapi guru dalam pengajaran kosakata bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Jauharen Kota Jambi. Ketiga, untuk mengetahui bagaimana solusi guru mengatasi masalah dalam pembelajaran kosakata bahasa arab di Pondok Pesantren Al-Jauharen. Untuk mendukung hal tersebut peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data dimulai dengan teknik wawancara, teknik observasi dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program mengahafal kosakata bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Jauharen Kota Jambi ialah dilaksanakan hari senin sampai dengan hari jumat, dan hari sabtu penyetoran mufradat. jumlah mufradat yang diberikan kepada santri 10 mufradat /hari dan 5 mufradat santriwati. Namun tidak terlepas dari berbagai kendala dalam menerepakan implementasi tersebut diantaranya rendahnya minat belajar santri dan santriwati. Solusi guru mengatasi masalah dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-jauharen ialah dengan memotivasi santri dan santriwati, mengadakan lomba setiap minggu, dan evaluasi proses pembelajaran. Kata kunci : Implementasi, Program, Kosakata Bahasa Arab

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: LILI APRIANI
Date Deposited: 23 Jul 2020 02:17
Last Modified: 23 Jul 2020 02:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13051

Actions (login required)

View Item View Item