PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PPKn SISWA di KELAS VII C SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI

CAHAYA, META (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PPKn SISWA di KELAS VII C SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (36kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (86kB)

Abstract

ABSTRAK Cahaya, Meta. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meni- ngkatkan Motivasi Belajar PPKn Siswa di Kelas VII C SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Skripsi. Program Studi PPKn, Jurusan Pendidikan Imu Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. M. Salam, M.Si Pembimbing (2) Heri Usmanto, M.Pd Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri, Motivasi Belajar Hasil observasi awal menunjukkan beberapa masalah pada proses pembelajaran yaitu rendahnya motivasi belajar siswa, selain itu ditemukan fakta guru cenderung menggunakan motode pembelajaran ceramah sehingga pelajaran menjadi kurang menarik dan monoton tanpak membosankan. Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PPKn kelas VII C SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan siklus. Langkah-langkah penelitian ini terdiri dari empat komponen yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas VII C. Teknik data yang diambil adalah angket dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan Model Pembelajaran Inkuiri pada mata pelajaran PPKn mengalami peningkatan motivasi belajarnya. Kriteria keberhasilan ini adalah 90% dari rentang persentase 100%. Keberhasilan ini dapat dibuktikan pada siklus I sebelum menerapkan Model Pembelajaran Inkuiri motivasi siswa hanya berada pada 56,7% dalam kategori rendah, setelah menerapkan model tersebut pada akhir siklus I persentase motivasi siswa meningkat menjadi 67% masuk dalam kategori cukup. Pada siklus II persentase motivasi siswa meningkat lagi menjadi 77% dalam kategori cukup, dan pada siklus III motivasi siswa naik secara signifikan dari siklus II yaitu mencapai 91% dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan motivasi siswa menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri di kelas VII C SMP Negeri 7 Muaro Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Meta Cahaya
Date Deposited: 24 Jul 2020 02:15
Last Modified: 24 Jul 2020 02:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13074

Actions (login required)

View Item View Item