Pengembangan Media Visual Blog Pada Materi Kehidupan Indonesia Masa Orde Baru Dan Reformasi Siswa Kelas XII IPA II SMA Negeri 8 Kota Jambi

Ramadhan, Hendra (2020) Pengembangan Media Visual Blog Pada Materi Kehidupan Indonesia Masa Orde Baru Dan Reformasi Siswa Kelas XII IPA II SMA Negeri 8 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (173kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (254kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (17kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (160kB)

Abstract

ABSTRAK Ramadhani, Hendra 2019. “ Pengembangan Media Visual Blog Pada Materi Kehidupan Indonesia Masa Orde Baru Dan Reformasi Siswa Kelas XII IPA II SMA Negeri 8 Kota Jambi”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Dan Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Drs. Budi Purnomo, M.Hum, M.Pd (II) Amir Syarifuddin, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Media Pembelajaran, Blog, KehidupanIndonesia Masa Orde Baru Dan Reformasi Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) dalam beberapa decade terakhir berjalan sangat cepat. Berbagai kemajuan teknologi dan aplikasi telah banyak dikembangkan dalam dunia Pendidikan. Oleh karena semakin majunya teknologi seorang guru dituntut untuk bisa menghadirkan telnologi dalam proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu cara agar proses pembelajaran menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Penelitian Ini bertujuan mengembangkan serta melihat respon siswa terhadap media pembelajaran visual Blog pada meteri KehidupanIndonesia Masa Orde Baru Dan Reformasi di kelas XII IPA II SMA 8 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan kerangka ADDIE yang mana memiliki 5 tahap yaitu : Analisis, Desain, Pengembangan, Penerapan, dan Evaluasi. Data penelitian yang digunakan adalah data kualitatif. Data kualitatif berupa saran-saran dari hasil validasi oleh para ahli dan angket yang diisi oleh para siswa setelah menggunakan media Blog. Pada produk yang telah jadi lalu divalidasi dan dilakukan revisi berdasarkan saran-saran ahli, validasi yang dilakukan berupa validasi materi dan media. Validasi ahli materi yang dibuat sesuai dengan kurikulum K13, serta validasi ahli mediai dengan hasil akhir diperoleh saran dan komentar yang berisikan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan telah susai dan layak diujicobakan. Serta berdasarkan dari respon guru yang berisikan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan telah sesuai dan layak untuk diujicobakan pada siswa. Pada penelitian ini uji coba dilakukan pada kelompok kecil, respon siswa terhadap media sebesar 86% dan pada kelompok besar respon siswa sebesar 86,6% dan dikategorikan sangat baik. Berdasarkan proses pengembangan dan hasil penelitian, secara keseluruhan disimpulkan bahwa prosedur pengembang saat mengembangkan media blog ini sudah mengunakan kerangka ADDIE, validator telah menyatakan bahwa media pembelajaran ini layak untuk diuju cobakan pada kelompok kecil dan besar, serta berdasarkan respon guru menyatakan bahwa media ini sesuai dan layak untuk diuji cobakan dan respon siswa pada media pembelajaran blog ini sangat baik yang mana dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran untuk materi Kehidupan Indonesia Masa Orde Baru Dan Reformasi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: HENDRA RAMADHANI
Date Deposited: 24 Jul 2020 03:28
Last Modified: 24 Jul 2020 03:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13089

Actions (login required)

View Item View Item