Putri, Risa (2020) EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN CONGKLAK DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA. S1 thesis, FKIP.
Text
1. HALAMAN SAMPUL.pdf Download (97kB) |
|
Text
2. HALAMAN JUDUL.pdf Download (97kB) |
|
Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (295kB) |
|
Text
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (273kB) |
|
Text
5. HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (259kB) |
|
Text
6. HALAMAN MOTTO.pdf Download (173kB) |
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
|
Text
8. KATA PENGANTAR.pdf Download (189kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (100kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (347kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (582kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (157kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (649kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (95kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (202kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (14MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (110kB) |
Abstract
ABSTRAK Putri, Risa. 2020. Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Congklak dan Kaitannya dengan Pembelajaran matematika: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. Kamid, M.Si., (II) Rina Kusuma Dewi, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Etnomatematika, Permainan Congklak, Pembelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi aspek-aspek etnomatematika pada permainan congklak dan kaitannya dengan pembelajaran matematika pada jenjang sekolah menengah pertama sesuai dengan kurikulum 2013. Penelitian ini dilakukan dikantor narasumber di Telanaipura, Kota Jambi dan di Kelurahan Kenali Asam Bawah Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi. Data penelitian diperoleh dengan melakukan wawancara dengan ahli budaya dan observasi terhadap anak-anak yang sedang bermain congklak. Data dianalisis secara kualitatif dengan jenis penilitian deskriptif menggunakan metode Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat aspek-aspek etnomatematika pada permainan congklak yaitu: aspek counting pada saat pemain mengisi lubang congklak dengan 7 biji congklak diawal permainan, melakukan estimasi pada saat bermain untuk dapat mengisi lubang induk, diakhir permainan menghitung biji congklak pada lubang induk masing-masing untuk menentukan pemenang. Aspek locating terdapat pada arah biji congklak dijalankan. Aspek playing adanya strategi untuk menang di dalam permainan congklak. Aspek explaining menjelaskan mengapa pemain tetap mengisi lubang induknya dan mengapa pemain mengisi lubang induknya sebanyak mungkin. Aspek-aspek tersebut dikaitkan dengan pembelajaran matematika yaitu di kelas VII pada materi bilangan bulat positif, persamaan linear satu variabel, garis dan sudut, persegi panjang, aritmetika sosial dan kelas VIII pada materi Peluang. Hasil penelitian dapat dijadikan sebagai informasi bagi guru dalam pembelajaran matematika untuk membuat dan mengembangkan bahan ajar matematika berbasis budaya khususnya permainan congklak serta menggunakan etnomatematika dalam mengajarkan konsep matematika di kelas.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Risa Putri |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 02:27 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 02:27 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13121 |
Actions (login required)
View Item |